Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Raih 31,8 Persen dalam Survei Lingkar Suara Publik

Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Raih 31,8 Persen dalam Survei Lingkar Suara Publik

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan--diolah berbagai sumber/fin--

JAKARTA, RADARTASIK.COMElektabilitas Prabowo Subianto tertinggi dan raih 31,8 persen dalam survei yang dilakukan Lingkaran Suara Publik (LSP).

Lingkar Suara Publikdalam hasil surveinya menerangkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi di antara tokoh-tokoh lainnya yang berpotensi maju di Pilpres 2024.

Direktur Riset dan Kajian Lingkar Suara Publik Indra Nuryadin menjelaskan elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi dengan raihan 31,8 persen diikuti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

"Disusul oleh Ganjar 20,4%, Anies 11,7% dan Capres lainnya," ujar Indra Nuryadin dalam rilis surveinya, Sabtu 15 Oktober 2022.

Dalam survei Lingkaran Suara Publik ada 17 nama tokoh politik masuk. Prabowo Subianto (31,8%), Ganjar Prabowo (20,4%), Anies Rasyid Baswedan (11,7%), Ridwan Kamil (10,5%), dan Agus Harimuti Yudhoyono (7,2%).

Sedangkan Puan Maharani (2,9%), Sandiaga Uno (2,1%), Erick Thohir (2,1%), Khofifah Indar Parawansa (1,9%), Muhaimin Iskandar (1,6%), Airlangga Hartarto (1,2%), Mahfud MD (0,9%), serta Andika Perkasa (0,6%).

Sementara itu, Surya Paloh (0,3%), La Nyalla Mahmud Mattalitti (0,2%), Zulkifli Hasan (0,2%), Ahmad Syaikhu (0,2%), dan undecided voters (4,2%).

Ada 3 stimulasi yang dilakukan Lingkar Suara Publik untuk mengukur tingkat elektabilitas.

Untuk mengukur tingkat elektabilitas, ada pertanyaan yang dibuat dengan tidak memasukkan beberapa tokoh, seperti Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan ke dalam format pertanyaan tertutup. 

Alhasil, masih menempatkan Prabowo Subianto di puncak elektabilitas.

Pada pertanyaan simulasi yang tidak menyertakan Sandi, meskipun tidak signifikan terjadi pergeseran pemilih. 

Elektabilitas Prabowo bertambah 0,5%, Ganjar bertambah 0,3% dan Anies bertambah 0,1%, dibandingkan perolehan elektabilitas pertanyaan sebelumnya.

Kemudian pertanyaan yang tidak memasukkan Ganjar pergeseran pemilih kembali terjadi dan kemungkinan besar pergeseran dipengaruhi oleh pemilih Ganjar.

Elektabilitas Prabowo juga meningkat 3,9%, sementara Ridwan Kamil naik ke posisi kedua bertambah 1,1%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id