Stadion Kanjuruhan akan Direnovasi Sesuai Standar FIFA

Stadion Kanjuruhan akan Direnovasi Sesuai Standar FIFA

Skuad Arema FC kenang korban peristiwa Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. -Twitter/@AremafcOfficial-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan Stadion Kanjuruhan akan direnovasi sesuai standar FIFA

Menpora memastikan Stadion Kanjuruhan akan direnovasi sesuai standar FIFA setelah melakukan survei di Stadion Kanjuruhan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon. 

Menurunya, pemerintah sepakat melakukakan proses audit ke stadion-stadion yang digunakan untuk kompetisi liga sepak bola nasional bisa didatangi penonton dalam jumlah yang banyak.

Tak hanya Stadion Kanjuruhan, beberapa stadion lainnya juga akan direnovasi sesuai standar FIFA. 

BACA JUGA:Ini Cara Irjen Pol Teddy Minahasa Dapatkan Narkoba yaitu Barang Bukti Sabu Ditukar dengan Tawas

Rencananya, Stadion Kanjuruhan akan direnovasi sesuai standar FIFA termasuk penggunaan kursi tunggal atau single seat.

"Kalau itu pasti standar FIFA dan pasti single seat. Bayangan Stadion Kanjuruhan itu akan sama dengan Stadion Manahan Solo karena Manahan sudah diinspeksi oleh FIFA,” kata Zainudin dikutip dari FIN.CO.ID, Jumat 15 Oktober 2022.

Hanya ada beberapa stadion di Indonesia yang memiliki fasilitas single seat, antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Papua Bangkit, Stadion I Wayang Dipta, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

“Ini masih direncanakan dan dalam rancangan. Mungkin akan dimulai tahun depan. Jadi klub yang menggunakan stadion-stadion itu, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3 harus mencari tempat lain sampai itu (renovasi) selesai,” lanjutnya.

BACA JUGA:Promo JSM Alfamart di Pertengahan Bulan, Banyak Yang Murah Loh Bun, dari Sabun Hingga Minyak Goreng

Sebelumnya, Menpora bersama Menteri PUPR berkunjung ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis 13 Oktober dan melakukan audit, ada beberapa catatan yang menjadi poin utama untuk proses renovasi total bangunan tersebut.

Tujuh catatan itu antara lain tidak adanya tangga pada tribun ekonomi untuk penonton, pintu-pintu pada stadion, dan tidak adanya pintu darurat.

Kemudian, juga mencakup penerangan di area stadion, kamar kecil untuk penonton yang tidak layak, perimeter penyangga untuk para penonton dan pagar pembatas yang bisa dengan mudah diloncati oleh penonton.

Stadion Kanjuruhan akan direnovasi  sebagai tindak lanjut arahan FIFA melalui suratnya kepada Presiden Jokowi untuk membangun standar keamanan stadion di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id