Patut Ditiru, Enduro Matic Berikan Perlindungan kepada Mesin Motor dan Kelestarian Tukik

Patut Ditiru, Enduro Matic Berikan Perlindungan kepada Mesin Motor dan Kelestarian Tukik

Salah satu bentuk kepedulian Enduro Matic adalah dengan melakukan kegiatan pelepas liaran tukik di kawasan Konservasi Penyu Ujung Genteng Pangumbahan Sukabumi. Foto: ist--

JAKARTA, RADARTASIK.COM  – Tak hanya berikan perlindungan kepada mesin sepeda motor saja, Enduro Matic V juga turut memberikan perlindungan dan kelestarian alam. 

Hal tersebut diwujudkan oleh Enduro Matic, yang merupakan salah satu produk andalan dari PT Pertamina Lubricants dengan melepaskan tukik atau anak penyu ke laut lepas. 

Pelepasan ratusan tukik tersebut dilakukan di pantai Pasir Putih, Ujung Genteng, Jawa Barat pada 12 Oktober 2022.

Upaya pelepas liaran ratusan tukik ke lautan tersebut sebagai salah satu upaya dalam pelestarian habitat penyu hijau, yang termasuk ke dalam hewan yang dilindungi.

BACA JUGA: Lingkungan Lebih Hijau & Malah Jadi Cuan, Nasabah Ungkap Manfaat ’BRI Menanam’

BACA JUGA: Berikut Ini Potens-Potensi Bencana Alam di Ciamis Efek dari Hujan Lebat, Lapor Jika Ada Tanda-Tanda Bencana

Mengandeng Turtle Coservation, pelepas liaran ratusan anak penyu tersebut yang menjadi akhir dari rangkaian turing bersama Enduro Matic V ke wilayah Ujung Genteng, Jawa Barat pada 12-13 Oktober 2022.

”Pelepasan penyu ini merupakan salah bentuk nyata dari Enduro Matic V memberikan perlindungan serta kepedulian pada lingkungan hidup,” ujar Tony Setyanto, selaku Brand Communication PT. Pertamina Lubricants.

Tony pun mengungkapkan dipilihnya lokasi Konservasi Penyu Ujung Genteng, yang berada di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Ujung Genteng, Sukabumi itu merupakan bagian dari mendukung program pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan parawisata Tanah Air dan kelestarian alam. 

Seperti diketahui, Konservasi Penyu Ujung Genteng merupakan salah satu tujuan wisata di pantai selatan Jawa Barat, yang salah satu kegiatannya adalah pelepas liaran tukik atau anak penyu ke laut setelah dikarantina. 

BACA JUGA: Ada Perjanjian Dibalik Lesti Kejora Cabut Laporan KDRT dan Berdamai dengan Rizky Billar

BACA JUGA: Lesti Kejora Cabut Laporan Kasus KDRT, Netizen Merasa Kena Prank Leslar, Kok Begitu?

Selain itu kawasan Pantai Pasir Putih, Ujung Genteng juga merupakan salah satu lokasi dari habitat punyu yang bertelur, setelah telur-telur tersebut ditetaskan, tukik tersebut kemudian dilepasliarkan kembali ke laut. 

Berdasarkan catatan, penangkaran penyu di Pantai Ujung Genteng merupakan yang terbaik di Indonesia dan berada di kawasan Geopark Ciletuh yang telah diakui UNESCO. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id