Membentuk Karakter Anak lewat FTBI, Cecep : Berharap Siswa Dapat Membaca Menulis Berbicara dengan Bahasa Sunda

Membentuk Karakter Anak lewat FTBI, Cecep : Berharap Siswa Dapat Membaca Menulis Berbicara dengan Bahasa Sunda

Pelaksanaan kegiatan FTBI yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dalam rangka memperkuat bahasa ibu yakni bahasa Sunda.-Foto:tangkapanlayar/e-paperradartasikmalaya-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya menggelar pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kota Tasikmalaya di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Rabu 5 Oktober 2022.

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdik Kota Tasikmalaya H Cecep Susilawan MPd menyampaikan bahwa kegiatan ini agenda tahunan, tahun ini namanya FTBI, adapun tahun-tahun kemarin nama kegiatannya Apresiasi Budaya Seni Daerah (APSD).

”Hanya pergeseran nama saja, Alhamdullah untuk pembukaan sekarang gebyar jenjang SD dan SMP,” paparnya.

Untuk jenjang SD, sambungnya, perwakilan dari pinunjul atau tingkat-tingkat juara  di tingkat kecamatan.  Sedangkan jenjang SMP adalah peserta perwakilan tiap sekolah sejak SMP.

BACA JUGA:Pengumuman untuk semua SD dan SMP di Indonesia, Ini Lho Aturan Baru Seragam Sekolah  

Cabang lomba yang diadakan FTBI tahun 2022 ini ada tujuh yakni Pupuh, Biantara, Carpon, Sajak, Borangan, Nulis Aksara Sunda dan Ngadongeng. ”Kegiatan ini untuk mencari dan eksplor talenta potensi  siswa jenjang SD dan SMP,” paparnya.

Pihaknya sampaikan, nanti untuk para juaranya menjadi kandidat juara FTBI tingkat Provinsi Jawa Barat. Untuk FTBI Jabar akan dilaksanakan sekitar bulan  November 2022 yang akan dilaksanakan di Pangandaran. 

”Hari ini  di Kota Tasikmalaya menjadi saksi lahirnya juara-juara baru jenjang SD dan SMP.  Mudah-mudahan menjadi   kandidat juara FTBI tingkat Jabar,” paparnya.

Lanjutnya, kegiatan ini mengawal kegiatan balai bahasa Provinsi Jawa Barat. ”Serta ditindak lanjuti oleh Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya,” paparnya.

BACA JUGA:Tips Buat Para Pecinta Kopi, Cara Nyeduh Kopi Supaya Tidak Berkurang Khasiatnya

Pertama, ada regulasi Pergub-nya yang mengawal muatan lokal bahasa dan sastra Sunda yang harus tetap dijaga kelestariannya oleh masyarakat Sunda. ”Di luar  sastra dan bahasa ternyata ada kekayaan lainnya yang harus dilestarikan, budaya semua,” paparnya.

Guru SDN Rancabendem  Irvan Kristivan  menyampaikan, kegiatan FTBI merupakan pemantik bagi siswa untuk mencintai dan melestarikan budaya Sunda. FTBI tak sekedar mencari juara untuk dikirimkan ke lomba tingkat Jawa Barat.

”Namun lebih kepada bagaimana memberikan pengalaman kepada siswa agar siswa dapat membaca, menulis, berbicara, dan berkarya dalam budaya Sunda,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: