Mendesak Butuh Air Bersih, 17 Rumah Terendam Banjir di Parompong Bandung Barat

Mendesak Butuh Air Bersih, 17 Rumah Terendam Banjir di Parompong Bandung Barat

Salah satu rumah terendam banjir di Parompong. -(BPBD Bandung barat)--radarjabar.com-

BANDUNG BARAT, RADARTASIK.COM – Setidaknya ada 17 rumah terendam banjir di Kampung Lapang RT 03 RW 03 Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Untuk sementara para pemilik rumah terendam banjir tersebut harus mengungsi akibat banjir bandang yang terjadi pada Selasa 04 Oktober 2022.

Banjir bandang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut dari siang hingga sore hari. Dampaknya 17 rumah terendam banjr.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Duddy Prabowo menyebutkan, rumah teredam banjir akibat banjir bandang disebabkan luapan air dari drainase dengan arus yang cukup tinggi setelah diguyur hujan deras.

BACA JUGA:Jakarta dan Tangerang Selatan Dilanda Banjir Kembali, Berikut Ini Titik Banjir hingga Pagi Ini

BACA JUGA:4 Desa di Sukaratu Tasikmalaya Terendam Banjir Akibat Tanggul Sungai Cibanjaran Jebol

"Pada hari selasa sekitar pukul 17.30 WIB, telah terjadi hujan deras yang membuat saluran air meluap sehingga terjadi banjir bandang," ungkap Duddy saat dihubungi, Rabu 05 Oktober 2022 dikutip dari radarjabar.

17 rumah teredam banjir itu dihuni oleh 19 keluarga di Kampung Lapang, Desa Sariwangi dengan ketinggian air sampai dari setengah badan orang dewasa.

"Dampak dari banjir bandang tersebut menyebabkan dapur di 2 rumah warga roboh dan 17 rumah terendam air setinggi 1,5 meter," ungkap Duddy.

Selain rumah terendam banjir, kini yang menjadi hambatan warga adalah kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

BACA JUGA:Atasi Banjir di Desa Bunisari Pemkab Pangandaran Buat Sodetan

BACA JUGA:16 Rumah Terendam Banjir di Kecamatan Karangnunggal, Transportasi Gunakan Perahu Karet BPBD

"Saluran air bersih warga terputus. Barang-barang mereka juga terendam seperti peralatan dapur, pakaian, bahan pokok makanan, kasur dan kursi-kursi," kata Duddy.

Petugas BPBD mengerahkan sejumlah relawan dan masyarakat setempat bergotong-royong untuk melakukan pembersihan rumah-rumah warga dan jalan sisa material banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: