PKK Kabupaten Ciamis Bentuk Program Gagah Bencana

PKK Kabupaten Ciamis Bentuk Program Gagah Bencana

KOMPAK. Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra (tengah) kompak bersama Pengurus TP PKK Kabupaten Ciamis dalam mendukung program Gagah Bencana, Senin (12/9/2022).--Dokumen Radar Tasikmalaya

CIAMIS, RADARTASIK.COMKabupaten Ciamis yang menjadi salah satu daerah yang rawan bencana di Jawa Barat, membuat Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Ciamis membuat program Gagah bencana.

Program  Gagah Bencana untuk mewujudkan keluarga sehat, tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana. 

Mengingat pentingnya program Gagah Bencana tersebut, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berharap keluarga di Ciamis dapat mengantisipasi jika terjadi bencana sedini mungkin. 

“Agar jangan sampai menimbulkan korban, mesti menjadi pemikiran bersama untuk mengantisipasi terjadinya bencana sedini mungkin. Salah satunya perlu diberikan pemahaman keluarga dalam kesiapsiagaan bencana,” kata Yana D Putra.

BACA JUGA: Sindikat Maling Pecah Kaca, yang Bobol Mobil Pajero di Jalan Otista, Tasik, Berhasil Diciduk Polisi

“Masyarakat di desa saat ini memiliki pola pikir dan pola tindak dalam penanggulangan bencana. Sehingga mampu menolak kerentanan ancaman dan risiko bencana,” lanjutnya.

Yana juga menginginkan dengan adanya gerakan keluarga PKK Gagah Bencana dapat turut mengurangi angka risiko rawan bencana Kabupaten Ciamis. 

Selain bencana alam, juga dapat mengurangi stunting, kematian ibu, bayi dan balita, kebakaran lingkungan pemukiman serta masalah kelestarian lingkungan. 

“Mengingat saat ini Kabupaten Ciamis berada di posisi ke 19 kabupaten/kota rawan bencana se-Jawa Barat,” jelasnya.

BACA JUGA: Viral, Video Muda-Mudi Wikwik di Mobil, Penasaran, Siapa Mereka?

Sementara itu, Ketua TP PKK Ciamis Hj Kania Ernawati Herdiat mengatakan gerakan keluarga PKK Gagah Bencana ini, itu turunan dari TP-PKK pusat yang telah ditetapkan sembilan aspek capaian. 

Di dalamnya meliputi penurunan angka stunting, meningkatnya kesehatan masyarakat dan terwujudnya keluarga/desa yang tanggap bencana. 

“Dalam menyukseskan gerakan ini, tentu diperlukan sinergi lintas sektoral dalam pilar pembangunan, seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, media dan lainnya,” tuturnya.

“Melalui penandatanganan komitmen ini akan terciptanya gerakan keluarga PKK Gagah Bencana terhadap bencana apapun,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: