Airlangga Hartarto: IPEF Kerja Sama untuk Kemakmuran dan Kesimbangan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik

Airlangga Hartarto: IPEF Kerja Sama untuk Kemakmuran dan Kesimbangan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik

Airlangga Hartarto bersama IPEF-Istimewa -

radartasik.com, LOS ANGELES - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan tingkat menteri di forum IPEF (Indo-Pacific Economic Framework) di Los Angeles, Amerika Serikat yang diselenggarakan 2 hari mulai tanggal 8 hingga 9 September 2022. 

Opening Ceremony IPEF dibuka oleh Duta Besar Katherine Tai, United States Trade of Representative (USTR) dan Gina Raimondo, Menteri Perdagangan Amerika Serikat. 

Dalam pidato pembukaannya, Katherine mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat melalui forum IPEF, menyatakan komitmennya untuk membantu menyelesaikan permasalahan regional untuk memastikan generasi di masa depan akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

BACA JUGA:Ternyata Sisca Kohl Baru Pertama Kali Makan Pecel Lele di Warung Pinggir Jalan dan Gunakan Air Kobokan

Presiden Joe Biden mengatakan, masa depan ekonomi di abad ke-21 berada di wilayah Indo Pasifik, dan tidak ada satu negara pun yang bisa menghadapi tantangan sendiri, maka dari itu dibutuhkan kerja sama yang erat antar negara di tatanan global terutama di wilayah ini.

Pemerintah Amerika Serikat juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi 14 negara dalam pertemuan IPEF dan kembali menekankan pentingnya kolaborasi dalam membantu menyelesaikan permasalahan regional.

Sementara, Secretary Gina mengatakan bahwa Presiden Joe Biden telah berkonsultasi dengan parlemen dan sektor swasta agar dapat segera mewujudkan kerangka kerjasama dalam IPEF.

BACA JUGA:Kawasan Jalan HZ Mustofa-Cihideung Rarpi dan Pangling, Masih Ada Tapinya...

Kerangka kerjasama IPEF menyeimbangkan antara fleksibilitas dan inklusivitas serta menghasilkan hal-hal yang memberikan manfaat secara tangible untuk semua.

Menko Airlangga menyambut baik forum kerjasama ini, dan menjelaskan, IPEF merupakan respons atas kondisi saat ini, dimana seluruh negara harus bekerja bersama menciptakan keseimbangan, kemakmuran, dan kesejahteraan serta pengembangan keadilan di kawasan Indo Pasifik.

IPEF menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan masa depan dan keberlanjutan. Oleh karenanya, di dalamnya ada penekanan terkait good governance, transisi energi, serta pengembangan SDM.

BACA JUGA:PLN UPT Cirebon ULTG Ciamis Sukses Uprating Trafo #1 Jadi 60 MVA

Forum IPEF mengangkat pembahasan di tingkat global terhadap 4 (empat) fokus yang menjadi tantangan ekonomi bagi hampir semua negara di wilayah Indo Pasifik.

Empat pilar yang menjadi pembahasan dalam IPEF adalah perdagangan, rantai pasok, energi bersih, dekarbonisasi dan infrastruktur (ekonomi bersih), serta perpajakan dan anti korupsi (ekonomi adil).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: