Tetap Waspada Gelombang Pasang Pantai Barat Pangandaran, Wisatawan Boleh Berenang

Tetap Waspada Gelombang Pasang Pantai Barat Pangandaran, Wisatawan Boleh Berenang

Situasi Pantai Barat Pangandaran aman untuk berenang bagi wisatawan.-Satuan Polisi Air Pangandaran-

PANGANDARAN, RADARTASIK – Walaupun tinggi gelombang kini sudah sedikit melandai, namun tiupan angin kencang masih terasa di Pantai Pangandaran.

Kasatpol Airud AKP Sugianto SH menyampaikan, tiupan angin di sepanjang garis Pantai Pangandaran antara 4 sampai 20 kilometer per jam.

"Tiupan angin timur ke arah tenggara  memang masih terasa cukup kuat di Pantai Batu Hiu dan seterusnya," jelasnya kepada Radar saat dihubungi, Jumat 2 September 2022.

Untuk ketinggian gelombang sendiri, kata  dia, kisaran antara 2 sampai 4 meter. "Tidak terlalu tinggi untuk hari Jumat, namun saya belum menerima laporan BMKG untuk besok (Sabtu,Red)," katanya.

BACA JUGA:Asyik Bisa Berenang di Pantai Barat Pangandaran, Pengawasan Diperketat

Menurutnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tetap mengeluarkan peringatan gelombang tinggi untuk hari Jumat. "Di laporannya untuk hari ini, potensi masih akan ada gelombang pasang," ujarnya.

Sugianto meminta agar wisatawan untuk tetap wasapada terhadap gelombang tinggi. "Karena gelombang tinggi bisa datang secara tiba-tiba," jelasnya.

Bila melakukan aktivitas berenang di Pantai Barat, wisatawan jangan sampai ke tengah. "Kemudian perhatikan rambu-rambu, kalau ada bendera merah jangan berenang di sana," kata dia. 

Sebelumnya diberitakan, menjelang akhir pekan ini, kondisi cuaca di Kabupaten Pangandaran mulai normal. Pantai-pantai di Pangandaran juga aman dikunjungi.

Kecepatan angin di perairan Pangandaran  mencapai 4 sampai dengan 20 kilometer per jam.

Meski termasuk tinggi, kata Kasatpol Airud Polres Pangandaran, AKP Sugianto SH, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pantai Pangandaran aman dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Gelombang Mulai Landai, Pantai di Pangandaran Aman Dikunjungi, Turis Sudah Boleh Berenang Lagi

"Sementara tinggi gelombang diprediksi antara 2, 5 meter sampai dengan 4 meter, termasuk tinggi," ujar AKP Sugianto kepada Radar Tasikmalaya, Kamis, 1 Agustus 2022.

Kondisi gelombang di Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran, sebagai pusat aktivitas wisatawan tepantau normal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: