Penting! 5 Penyebab Kulit Kepala Gatal Hebat, Ternyata Bukan Hanya Karena Kutu

Penting! 5 Penyebab Kulit Kepala Gatal Hebat, Ternyata Bukan Hanya Karena Kutu

Ilustrasi kulit kepala gatal bukan hanya karena kutu saja.-Foto:tangkapanlayar/disway.id-

RADARTASIK.COM - Penyebab kulit kepala gatal ternyata bukan hanya karena kutu. Ternyata ada sejumlah hal yang membuat kulit kepala anda terasa gatal.

Kulit kepala gatal memang bukan masalah serus, namun rasa gatal yang muncul tentu sangat menganggu.

Lantas apa saja penyebabnya? dilansir dari alodoker berikut keterangannya:

BACA JUGA:Tenang Saja, Tidak Punya BPJS Kesehatan Saat Urus SIM dan STNK, Bisa Bikin Dulu di Satpas

1. Ketombe

Penyebab paling umum dari kulit kepala gatal adalah ketombe. Selain gatal, kondisi ini juga ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih di rambut yang dapat berjatuhan ke bahu sehingga mengganggu 

Penyebab dari munculnya ketombe ada banyak, mulai dari kulit kepala berminyak, hingga pertumbuhan jamur Malassezia yang berlebihan. Selain itu, kondisi lain seperti eksim juga bisa membuat kulit kepala berketombe.

Guna mengatasi kulit kepala gatal yang disebabkan oleh ketombe, Anda dianjurkan untuk menggunakan sampo antiketombe. Di dalam sampo antiketombe terkandung bahan aktif, misalnya selenium sulfida atau ketoconazole, yang efektif untuk menghilangkan ketombe.

BACA JUGA:Belasan Siswa SMP Masuk Puskesmas Diduga Keracunan usai Santap Nasi Uduk

2. Kutu rambut

Penyebab umum kulit kepala gatal selain ketombe adalah kutu rambut. Biasanya, keluhan gatal yang Anda rasakan akibat kutu rambut akan sedikit berbeda. Rasa gatal yang muncul cenderung lebih intens dan disertai sensasi adanya sesuatu yang merayap di kulit kepala atau rambut.

Cara mengatasi kulit kepala gatal yang disebabkan oleh kutu rambut adalah dengan membasmi kutu dan telurnya, misalnya dengan menggunakan sisir serit atau mengoleskan obat kutu rambut ke kulit kepala. Demi keamanan, gunakan obat kutu rambut sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

BACA JUGA:Polisi Andalkan Alat 3D Laser Scanner Olah TKP Kecelakaan Maut di Bekasi

3. Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: