Ganjar Pranowo Kandidat Teratas Capres 2024 di Survei Algoritma, Anies Baswedan Menempati Urutan Kedua

Ganjar Pranowo Kandidat Teratas Capres 2024 di Survei Algoritma, Anies Baswedan Menempati Urutan Kedua

Anies Baswedan (kiri) dan Ganjar Pranowo (kanan) saat ikut lomba HUT RI ke-77 yang diadakan Narasitv --@aniesbaswedan/instagram/Fin.co.id

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Aditya Perdana, Direktur Eksekutif Lembaga Riset dan Konsultasi Publik Algoritma mengatakan masih ada peluang munculnya figur baru calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Aditya melihat di beberapa survei yang sudah pernah dilakukan ada celah munculnya figur baru apabila para kompetitor melihat peluang kebutuhan publik terkait capres untuk Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survey Algoritma, Ganjar Pranowo yang menjadi Gubernur Jawa Tengah menjadi figur teratas sebagai kandidat capres dengan elektabilitas sebesar 27,8 persen.

BACA JUGA:Waduh, Mahasiswa Jalur Mandiri Dipatok Rektor Unila hingga Rp 350 Juta agar Bisa Masuk

Diposisi kedua ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memperoleh elektabilitas 18,5 persen.

Sedangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati urutan ketiga dengan elektabilitas sebesar 12,9 persen.

Algoritma melakukan survei dengan melibatkan 1.206 responden yang terbagi secara proporsional mewakili penduduk usia dewasa secara nasional. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Tito Karnavian Kirim Surat Edaran untuk Kepala Daerah

Dengan margin of error berada di kisaran 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pengumpulan data survei dilakukan sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2022 melalui wawancara telepon oleh 40 enumerator. 

Sedangkan Fajar Nursahid, Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultasi Publik Algoritma mengatakan salah satu keterbatasan survei tersebut adalah ketersediaan data seri sebagai pembanding karena survei itu merupakan survei perdana Algoritma.

BACA JUGA:Raih 200 Poin, Fabio Quartararo kokoh di Klasemen Setelah GP Austria

Fajar menilai meskipun elektabilitas dan popularitas capres didominasi oleh Ganjar, Anies, dan Prabowo, terdapat celah yang dapat dimanfaatkan oleh kompetitor untuk muncul sebagai capres alternative.

"Tidak ada penilaian mayoritas signifikan dari pendukung tiga figur paling populer terhadap kemampuan mereka dalam mengatasi masalah-masalah bangsa," tutur Fajar dalam acara Peluncuran Algoritma dan Rilis Survei Nasional 2022 seperti dipantau dari platform Zoom Meeting di Jakarta, Minggu 21 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id