Tol Cilacap – Yogyakarta Akan Lewati 17 Desa di 4 Kecamatan Ini

Tol Cilacap – Yogyakarta Akan Lewati 17 Desa di 4 Kecamatan Ini

Rencana trase Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta.-Foto: jatengprov.go.id-

CILACAP, RADARTASIK.COM – Proyek Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta diprediksi bakal melewati sedikitnya 17 desa di Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

Namun, trase penetapan masih berubah. Belum pasti. Karena, ini belum desain terakhir. Ada kemungkinan berapa jumlah desa yang dilewati berubah.

Hal itu terungkap dalam acara konsultasi publik dalam rangka penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) Tol Cilacap - Yogyakarta.

Diketahui, proyek Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta sendiri memasuki tahap konsultasi publik dalam rangka penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

BACA JUGA: Hujan Menerjang Kota Banjar, Belasan Rumah Warga Terendam Banjir, Nasi Kotak Sudah Disebar

Konsultasi penyusunan Amdal dilakukan Dinas Lingkingan Hidup Kabupaten Cilacap bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Selasa 9 Agustus 2022.

Dalam kegiatan itu, sejumlah kepala desa dan masyarakat yang bakal terdampak jalan bebas hambatan tersebut diundang guna diminta masukan serta persetujuan terkait proyek tol Cilacap - Yogyakarta. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniyati mengatakan kegiatan proyek wajib memiliki Amdal. Penanggung jawab usaha harus melibatkan masyarakat yang terdampak langsung.

”Pembangunan tol ini masih lama, time schedule-nya masih 2026. Jadi tahapan Amdal masih panjang,” katanya.

BACA JUGA: Hadir di Pesta Rakyat Simpedes, SuperApps BRImo Diminati Seluruh Lapisan Masyarakat

”Saat ini masih penjaringan masyarakat calon terdampak. Desa terdampak nanti akan ada penyesuaian-penyesuaian karena tim survei akan turun lagi ke lapangan,” tegas dia. 

Dia berharap konsultan Amdal dapat bekerja secara profesional dan sesuai juknis. Soalnya,  Amdal merupakan prediksi dampak yang benar-benar harus dipetakan.

”Jangan sampai saran yang ada oleh masyarakat diabaikan. Harus benar-benar sesuai. Masyarakat terdampak jangan sampai jadi masyarakat yang dirugikan, sehingga akan berjalan beriringan,” imbuh dia.

Rencananya, tol Cilacap - Yogyakarta ini akan melintasi 4 desa di Kecamatan Kesugihan, 7 desa di Kecamatan Maos, 4 desa di Kecamatan Sampang dan 2 desa di Kecamatan Kroya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: