Ciamis Segera Lakukan Vaksinasi Dosis Keempat

Ciamis Segera Lakukan Vaksinasi Dosis Keempat

CIAMIS, RADARTASIK - Pemberian vaksin keempat atau booster kedua sudah mulai dilaksanakan. Sasarannya yang menjadi prioritas adalah kelompok rentan, salah satunya tenaga kesehatan yang bisa dimulai dilaksanakan pada Jumat (29/7/2022).

Hal itu, sesuai surat edaran bernomor HK.02.02/C. 3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/7/2022).

Namun, untuk di Kabupaten Ciamis belum siap menyelenggarakan vaksinasi dosis keempat. Sebab, sedang menunggu stok vaksin dan menyeimbangkan capaian vaksinasi dosis satu, dua, dan tiga di Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA:NGABASO Jadi Rutinitas BPS Kabupaten Ciamis

Karena per 28 Juli 2022 capaian vaksinasi dosis satu sudah 92,49 persen, dosis kedua mencapai 80,76 persen dan untuk dosis ketiga booster masih 37,5 persen.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit (P2P)-Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Acep Joni Heryanto kepada Radar, Minggu (31/7/2022).

“Vaksin keempat di Kabupaten Ciamis belum bisa (dilakukan, Red). Karena harus siap stok vaksinnya dulu dan masih konsentrasi di dosis kedua dan ketiga,” katanya, menjelaskan.

BACA JUGA:Begini Nasib Oknum Guru SD Pelaku Video Mesum di Ciamis

Untuk itu, pihaknya pun akan terus mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Utamanya bagi yang belum vaksin, vaksin kedua dan vaksinasi ketiga.

“Belum seimbang dosis satu dengan dosis kedua dan ketiga. Khusus dosis ketiga mesti dilakukan percepatan, agar mencapai target minimal yakni 70 persen,” ujarnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra memberikan arahan percepatan pelaksanaan vaksin booster atau dosis ketiga saat Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Kabupaten Ciamis Jum’at 29 Juli 2022, kemarin.

Kata Herdiat, saat ini kondisi pandemi Covid 19 di beberapa daerah kembali meningkat. Oleh karenanya, masyarakat Kabupaten Ciamis tidak boleh abai dengan tetap mempedomani protokol kesehatan.

“Terlebih yang terpenting melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster,” katanya.

Maka dari itu, Herdiat meminta agar para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan kepala desa kembali mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dan tertib memakai protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: