NGABASO Jadi Rutinitas BPS Kabupaten Ciamis

NGABASO Jadi Rutinitas BPS Kabupaten Ciamis

NGABASO jadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Ciamis. Foto : dok.radartasik.com--

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Bertempat di Ballroom hotel Tyara Plaza, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis menyelenggarakan acara Ngobrol Data Bareng Stakeholder dan OPD alias NGABASO. Kegiatan “NGABASO” adalah forum pembinaan statistik sektoral lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam kerangka Satu Data Indonesia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Drs H Tatang M.PD, Ketua Penyelenggara Statistik Sektoral Pemerintah Kabupaten Ciamis menyampaikan berdasarkan Undang-Undang No 25 Tahun 2004 Pasal 31 bahwa perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

“Untuk itu diperlukan koordinasi, kerjasama, kolaborasi dan sinergitas semua pihak untuk menghasilkan data akurat dan berkualitas. Melalui kegiatan NGABASO,” katanya. 

BACA JUGA:Kinerja Ekspor Harus Waspada, Menkeu: Perangnya di Eropa, Dampaknya ke Seluruh Dunia

Melalui acara NGABASO diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, kerjasama, kolaborasi dan sinergitas dalam mengolah dan menyajikan data berkualitas dan dapat dipertangungjawabkan kepada seluruh stakeholder, khususnya sebagai bahan penyusunan kebijakan di pemerintah Kabupaten Ciamis.

 Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Marsudijono menegaskan bahwa BPS sebagai pembina data statistik di Indonesia memegang peranan penting dan strategis dalam menjalankan pembinaan statistik sektoral. Pelaksanaan pengumpulan data statistik oleh Produsen Data harus sesuai dengan kaidah dan tata cara pelaksanaan kegiatan statistik.

 BACA JUGA:Puluhan Game Tidak Dapat Diakses Pasca Pemblokiran Steam oleh Kominfo, Ada Dota 2 Hingga Football Manager

Kepala BPS Kabupaten Ciamis, Dadang Darmansyah, yang juga menjabat pembina data di Kabupaten Ciamis menjelaskan bahwa manfaat "NGABASO" bagi Pemerintah Daerah antara lain mewujudkan Tata Kelola Metadata Statistik Sektoral yang baik menuju optimalisasi Sistem Ciamis Satu Data Terintegrasi, meningkatkan kapasitas para pengelola data statistik sektoral tingkat OPD di Kabupaten Ciamis.

“Juga untuk meningkatkan pemahaman para pengelola data di tingkat OPD tentang indikator statistik, standar data dan metadata yang sama serta meningkatkan pengetahuan semua pemangku kepentingan terhadap pentingnya data statistik,” pada radartasik.com, Minggu 31 Juli 2022. (tin/radartasik.com)

›●š

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: