PM Spanyol Meminta Pejabat Tidak Memakai Dasi untuk Menghemat Energi

PM Spanyol Meminta Pejabat Tidak Memakai Dasi untuk Menghemat Energi

SPANYOL, RADARTASIK.COM – Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengungkapkan ia telah berhenti mengenakan dasi dalam upaya untuk menghemat energi dan mendesak para menteri untuk mengikuti jejaknya.

Sanchez muncul pada konferensi pers yang didedikasikan untuk rencana penghematan energi pemerintah dengan mengenakan kemeja putih, tanpa kancing di bagian atas dan jaket biru tanpa dasi.

Ia sempat menyinggung soal penampilannya yang kurang resmi, dengan mengatakan: " Saya tidak memakai dasi, itu artinya kita semua bisa berhemat dari segi energi dan saya sudah meminta semua menteri dan semua pejabat publik untuk melakukan hal yang sama.”

BACA JUGA:60 WNI Disekap Kartel Judi di Kamboja

Penghematan energi, menurut Sanchez, menjadi prioritas nasional karena membantu mengurangi ketergantungan pada Rusia dan “membengkokkan kurva inflasi.”

Sanchez tidak merinci bagaimana tepatnya melepaskan dasi membantu menghemat energi, tetapi langkahnya terjadi beberapa hari setelah Kementerian Transisi Lingkungan mengeluarkan rekomendasi untuk menyetel AC ke angka 27 derajat Celcius.

Angka yang jauh lebih tinggi daripada yang biasanya dipakai orang, terutama di Spanyol  ketika suhu udara bisa melebihi 40 derajat Celcius.

BACA JUGA:Ditinggalkan Penyelundup dalam Trailer, Ratusan Imigran Hampir Mati Kehabisan Napas di Meksiko


“Jika digabungkan dengan kipas angin, konsumsi listrik akan berkurang hampir setengahnya,” kata kementerian.

DIkutip dari Russian Today, pemerintahan Sanchez diperkirakan akan menyetujui program hemat energi pada 1 Agustus.  

Dengan melakukan itu, ia akan bergabung dengan pemerintah Eropa lainnya yang menerapkan tindakan serupa di tengah krisis energi yang berkembang yang diperburuk oleh penurunan pasokan gas alam Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today