Kisah Sukses Pengekspor Cicak Kering, Berawal dari Inspirasi Temannya, Kini Dapat Omzet Ratusan Juta Rupiah

Kisah Sukses Pengekspor Cicak Kering, Berawal dari Inspirasi Temannya, Kini Dapat Omzet Ratusan Juta Rupiah

Doni Adityawarman mengekspor cicak kering ke China atau Tiongkok dari Sumatera Barat. Foto: istmewa / padang ekspres--

Dalam sekali ekspor saja, ia dapat meraup untung ratusan juta. Sebab, jenis cicak yang ditangkap yaitu cicak biasa yang merayap di dinding rumah.

“Permintaan (cicak kering) di Hongkong semakin meningkat karena banyaknya masyarakatnya yang percaya akan cicak kering dijadikan sebagai obat tradisional. Jika sebelumnya kami ekspor 330 kg, sekarang naik menjadi 670 kg,” tuturnya.

Doni juga memiliki impian untuk memperkuat usaha ekspor cicak kering tersebut ke depan.

Dia ingin membuka tempat usaha khusus penampungan, sekaligus ekspor langsung cicak kering. Target lokasi pendirian usahanya yaitu di Kota Pariaman.

Pasalnya, sekarang Doni masih menggerakkan usaha ekspor cicak kering itu di Kota Padang. Sedangkan pria asal Lubukbuaya ini sekarang berdomisili di Kota Pariaman, kampung istrinya. Jadi, ia merasa akan lebih mudah ketika tempat usahanya berada di Kota Pariaman.

“Kalau buka tempat di Pariaman, tentunya juga menjadi potensi untuk membantu perekonomian masyarakat yang berminat dengan usaha ini. Sebab, tempat usaha yang ingin saya buka di Pariaman, tentunya dilengkapi peralatan memadai, sehingga cicak kering yang dihasilkan bisa langsung diekspor,” ujar Doni. (padang ekspres)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: padang ekspres