Polandia Hentikan Pasokan Bahan Bakar Gratis Ke Ukraina

Polandia Hentikan Pasokan Bahan Bakar Gratis Ke Ukraina

Radartasik, Warsawa telah menghentikan pasokan bahan bakar gratis ke Ukraina menurut Anna Moskwa menteri iklim dan lingkungan Polandia dalam sebuah wawancara dengan situs web BiznesAlert.

“Pada awal perang dan setelah pengeboman kilang, kami mengirim bahan bakar gratis. Saat ini pasokan komersial dari Orlen (pengilangan minyak Polandia) membutuhkan komitmen logistik yang besar,” kata Anna Moskwa.

Menteri menjelaskan bahwa pasar Polandia tetap menjadi prioritas dan perusahaan energi di Ukraina sedang mengatasi situasi tersebut.

“Biasanya pengiriman ini melalui pipa, jadi kami harus membuat saluran pasokan baru. Kami menerapkannya secara berkelanjutan, mempertahankan prioritas pasokan pasar Polandia," lanjutnya.

Moskwa menambahkan: "Pasokan kami adalah respons terhadap krisis tetapi sektor ini terorganisir dengan baik, jadi ada potensi pasar di sana."

Infrastruktur yang rusak akibat perang dan gangguan pada industri penyulingan minyak di Ukraina telah mengakibatkan kekurangan bahan bakar.

Menurut laporan media, pengemudi di Ukraina terpaksa menunggu berjam-jam di SPBU. Pekan lalu, pemerintah menangguhkan peraturan negara tentang harga bahan bakar motor di tengah kelangkaan bensin dan solar yang semakin meningkat.

Selama percakapan telepon minggu lalu dengan Emmanuel Macron, Presiden Volodymyr Zelensky mengangkat masalah pasokan bahan bakar ke Ukraina di antara topik lainnya, termasuk prospek menerima bahan bakar dari Uni Emirat Arab.

BACA JUGA:Polandia Siap Membangun Pangkalan NATO

Sebelumnya Gazprom perusahaan energi Rusia mengatakan pihaknya tidak akan menggunakan Polandia sebagai bagian dari pipa gas Yamal-Eropa untuk transit ke Eropa karena pembalasan Moskow atas sanksi barat.

Juru bicara perusahaan, Sergey Kupriyanov menetapkan bahwa situs tersebut milik EuRoPol GAZ, yang menjadi perusahaan patungan antara Gazprom dan PGNiG utama gas Polandia sebagai operator Polandia dari pipa gas Yamal-Eropa.

Sebelumnya Moskow menyetujui daftar perusahaan yang akan menerapkan langkah-langkah ekonomi khusus. Daftar tersebut terdiri dari 31 perusahaan, termasuk EuRoPol GAZ Polandia, serta bekas unit Gazprom Jerman setelah disita oleh otoritas Jerman bulan lalu dan berpotensi dinasionalisasi.

“Untuk Gazprom, ini berarti larangan penggunaan pipa gas milik EuRoPol GAZ untuk mengangkut gas Rusia melalui Polandia,” kata perusahaan itu di saluran Telegram resminya.

Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan pada tangal 3 Mei bahwa tidak ada entitas Rusia yang akan diizinkan untuk membuat kesepakatan dengan mereka yang ada dalam daftar sanksi, atau memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan yang ada.

Keputusan tersebut melarang ekspor produk dan bahan mentah kepada orang dan badan yang termasuk dalam daftar sanksi.

Putin mengatakan dekrit itu sebagai tanggapan atas tindakan ilegal AS dan sekutunya yang dimaksudkan untuk merampas hak milik Rusia dan warganya dan badan hukumnya atau untuk membatasi hak milik mereka.

Pipa gas Yamal-Eropa melewati Rusia, Belarus, Polandia dan Jerman. Rusia memasok hampir 40% dari keseluruhan permintaan gas Eropa,  rute ini menyumbang hampir 15% dari pengiriman ke barat.

Pipa telah beroperasi dalam mode terbalik baru-baru ini, mengirim gas dari Jerman ke Polandia setelah Warsawa menolak untuk menerima permintaan Moskow untuk membayar dalam rubel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today