Dorong Mutu Layanan Peserta JKN, BPJS Kesehatan Tasikmalaya Gelar Pertemuan dengan PIC P-Care

Dorong Mutu Layanan Peserta JKN, BPJS Kesehatan Tasikmalaya Gelar Pertemuan dengan PIC P-Care

Tasikmalaya, Jamkesnews - Demi meningkatkan mutu pelayanan bagi peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). BPJS Kesehatan melaksanakan sosialisasi dan evaluasi kepada person in charge (PIC) aplikasi Primary Care (P-Care), Selasa (14/06). Dalam kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya mengundang seluruh PIC P-Care se-Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya, Agus Ramlan Hidayat menyampaikan agar seluruh petugs entri untuk selalu memastikan validasi data peserta pada saat melaukan entri, mengingat hasil dari entri akan direkam secara digital dan digunakan seterusnya oleh peserta JKN untuk pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKTRL).

“PIC P-Care memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan mutu layanan peserta, jadi diharapkan dapat memiliki pemahaman yang sama, serta mampu secara cepat untuk beradaptasi dengan perkembangan-perkembangan fitur pada aplikasi,” ujar Agus.

Agus juga menambahkan bahwa kegiatan kali ini dapat dimanfaatkan informasinya agar pelaku yang bertanggung jawab dalam aplikasi P-Care di setiap FKTP dapat memanfaatkan sistem tersebut dengan baik untuk pelayanan. Ia berharap agar kesadaran petugas FKTP dalam mengentri data di aplikasi Pcare dapat dilakukan secara realtime.

“Untuk para petugas P-Care agar dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk terus mencari tahu segala informasi. Kegiatan ini pun dimaksudkan agar pihak FKTP khususnya petugas dan penanggung jawab dalam pengentrian data di aplikasi P-Care dapat dilakukan secara realtime. Tidak lupa saya pun mengingatkan untuk capaian KBK dari setiap FKTP, serta harapan kami dari kegiatan ini pun adalah adanya peningkatan kesadaran terhadap kepatuhan FKTP,” tambahnya.

Ai Siti Rohmah, salah satu peserta kegiatan perwakilan Puskesmas Cigalontang, mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan ini sebab ia dapat mengetahui lebih dalam lagi mengenai P-Care serta diingatkan kembali tentang sosialisasi Program JKN.

"Pemaparan dari narasumberpun mudah dipahami oleh saya. Acaranya juga meriah. Untuk FKTP yang capaian KBK-nya 100% sangat diapresisi, hal ini jadi motivasi bagi para perwakilan FKTP untuk mencapai KBK 100%," ujarnya. (RI/ha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: