Senangnya Pelaku UMKM Dapat Pelatihan E-Commerce

Senangnya Pelaku UMKM Dapat Pelatihan E-Commerce

KABUPATEN TASIKMALAYA, RADARTASIK – Pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) mendapatkan pelatihan e-commerce dari Kementerian Koperasi dan UKM bersama Universitas Cipasung Singaparna, Selasa 19 Juli 2022. 

Pelatihan tersebut salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM. 

Salah seorang peserta, Iwan (35) yang sehari-hari berjualan ayam potong di Cikeleng Singaparna mengaku, selama ini dirinya memang hanya berjualan secara konvensional.

Akan tetapi, dengan pengetahuan pemanfaatkan e-commerce yang telah diikutinya, setidaknya bisa lebih membantu usahanya lebih berkembang.

BACA JUGA:Biaya Transfer Antar Bank Ngirit 4 Ribu, BI: Inginnya Turun Lagi untuk Bantu UMKM  

"Selama ini hanya berjualan di lapak. Meski ada juga yang beli via WA atau telepon, tetapi kalau secara online belum dicoba. Setelah pelatihan ini, saya akan coba berdagang dengan bantuan aplikasi," ujar dia. 

Rahma (26) seorang pedagang kue kering mengaku, selain berjualan di rumahnya juga telah memulai berjualan dengan bantuan media sosial. 

Ia mengaku, melalui cara ini terlihat ada kemajuan ketimbang hanya mengandalkan berjualan secara offline. 

"Berjualan secara online alhamdulillah sangat terasa manfaatnya, banyak peningkatan. Kini saya pun belajar ingin berjualan memanfaatkan aplikasi yang ada. Mudah-mudahan bisa lebih maju," ujar dia.

BACA JUGA:BKPM Roadshow Edukasi NIB-OSS di Jakarta, 600 Nasabah BRI Hadir Perkuat UMKM Nasional

Sementara Pembina Universitas Cipasung, KH. Acep Adang Ruhiyat, yang juga Anggota Komisi VI DPR RI mengatakan, jika saat ini segala sesuatu bisa lebih maju jika memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. 

Hal ini sangat memudahkan  mereka yang berusaha di sektor mikro. Pihaknya mencoba merangkul Kementerian Koperasi UKM membantu usaha mikro untuk bergeliat pasca dihantam pandemi covid-19.  

"Sehingga mereka betul-betul bisa bersosialisi dengan masyarakat melalui e-commerce, tidak hanya berjualan secara offline. Paling tidak mereka memahami tentang usaha di sini," jelasnya.

BACA JUGA:Konsisten Dorong UMKM ’Naik Kelas’, BRI Sabet Dua Penghargaan INews Maker Award 2022 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: