Dahsyatnya Khasiat Mentimun yang Mengandung Mineral Tinggi

Dahsyatnya Khasiat Mentimun yang Mengandung Mineral Tinggi

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Mentimun merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Baik dimakan secara langsung maupun dibuat sayur atau jus dengan buah lain. Ada juga yang menggunakan mentimun untuk masker wajah.

Selama ini banyak yang belum mengetahui manfaat kulit sayur mentimun yang memiliki khasiat untuk metabolisme tubuh.

Apa saja, khasiat dari kulit mentimun ? Berikut penjelasannya dilansir dari Genpi.co.

1. Mengandung Antioksidan. Kulit mentimun mengandung flavonoid dan tanin yang berfungsi untuk memblokir radikal bebas pemicu kanker.

2. Meningkatkan Hidrasi. Mentimun mengandung 96 persen konten air yang bisa membantu menjaga hidrasi tubuh.

3. Mengontrol Berat Badan. Makan mentimun beserta dengan kulitnya bisa menjadi salah satu menu diet yang efektif. Satu buah mentimun (300 gram) hanya mengandung sekitar 45 kalori. Mentimun juga rendah lemak yang sangat cocok untuk diet.

4. Menjaga Kesehatan Tulang. Mentimun beserta kulitnya mengandung vitamin K. Mentimun dengan kulit memenuhi kebutuhan vitamin K sebanyak 65 persen dari kebutuhan harian. Bila Anda mengupas kulitnya, kandungan vitamin K akan berkurang 29 mikrogram.

5. Menjaga Gula Darah Normal. Penelitian pada hewan tikus menunjukan adanya potensi mentimun dengan ekstrak kulit mentimun untuk mengontrol kadar gula darah.

6. Bagus untuk Kesehatan Mata. Walaupun tidak signifikan, tetapi konsumsi mentimun beserta kulitnya memiliki potensi untuk menjaga kesehatan mata. Setiap 100 gram mentimun dengan kulit mengandung sekitar vitamin A 110 IU. Kulit mentimun juga dikaitkan dengan peningkatan beta-karoten alami.

7. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular. Berdasarkan studi, meningkatkan asupan kalium dan serat serta mengurangi asupan natrium bisa mencegah tekanan darah tinggi yang pada gilirannya juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Setiap 142 gram mentimun yang tidak dikupas mengandung sekitar 193 mg kalium dan 17 mg magnesium.

8. Mempertahankan Fungsi Kognitif. Buah dan sayur adalah sumber vitamin untuk otak, termasuk juga manfaat kulit timun. (genpi/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: