2.705 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba, Disusul 2.428 Dipastikan Tidak Ada Karantina

2.705 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba, Disusul 2.428 Dipastikan Tidak Ada Karantina

JAKARTA, RADARTASIK – Sebanyak 2.705 jemaah haji Indonesia telah tiba di tanah air. Pemerintah memastikan bahwa mereka yang tiba di Indonesia tidak dikarantina.

"Pemerintah memastikan, tidak ada karantina setelah kedatangan jemaah. Namun demikian, sekali lagi kami sampaikan, kesehatan merupakan hal paling utama, oleh karena itu tetap memakai masker dengan benar dan cukupkan istirahat," tegas Plh Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

Menurutnya, jemaah haji pada gelombang pertama pulang ke Tanah Air secara bertahap.

BACA JUGA:Kepulangan Jemaah Haji Dimulai, Wamenag Jelaskan 3 Dimensi Kemabruran, Tak Ada Karantina 21 Hari

"Hari ini, jumlah jemaah yang telah tiba di tanah air sebanyak 2.705 orang," kata dia.

"Selanjutnya, hari ini juga akan dipulangkan jemaah haji Indonesia sebanyak 2.428 orang," sambungnya.

Wawan menyampaikan jemaah haji tersebut tergabung dalam enam kloter dan tiba di empat debarkasi. 

Sebagai rincian, dua kloter tiba di debarkasi Jakarta - Pondok Gede/JKG (780 orang). Satu kloter di Debarkasi Padang/PDG (391 orang). Satu kloter di Debarkasi Solo/SOC (359 orang). Dan dua kloter di Debarkasi Surabaya/SUB (898 orang).

BACA JUGA:6 Kloter Jemaah Haji Pulang 15 Juli 2022, Tasikmalaya?

"Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan akan melakukan pemantauan kesehatan kepada setiap jemaah yang tiba di tanah air, dengan melakukan pengecekan suhu badan menggunakan thermal scanner dan thermal gun di Bandara Internasional Debarkasi masing-masing,” 

“Apabila didapati jemaah dengan gejala demam atau menunjukkan potensi penyakit menular, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan test antigen," beber Wawan dikutip dari laman resmi kemenag.

Sejauh ini tercatat 112 jemaah yang dirawat. Rinciannya, sebanyak  30 orang dirawat di RS Arab Saudi, dan 82 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah. Jemaah wafat sebanyak 52 orang.

BACA JUGA:Jemaah Haji Tak Perlu Bawa Air Zamzam dari Arab, Lalu ...?

Wawan juga mengimbau jemaah haji menjaga protokol kesehatan baik yang di Arab Saudi maupun yang sudah kembali ke tanah air dan sampai ke tempat domisili masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag.go.id