Maung Cita Rasa Belanda Makin Kental

Maung Cita Rasa Belanda Makin Kental

BANDUNG — Cita rasa Belanda di Persib Bandung semakin kental menyusul kehadiran Ezra Walian. Maklum saja, Ezra merupakan pemain jebolan Ajax Amsterdam.

Ditambah, semasa aktif sebagai pemain, pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert juga pernah membela tim raksasa dari Belanda itu.

Saat ini Persib pun diperkuat bek jangkung asal Belanda Nick Kuipers. Dan, Geoffrey Castillion, striker kelahiran 25 Mei 1991 (usia 29 tahun), Amsterdam, Belanda.

Pelatih dan Pemain Asal Belanda di Persib Bandung
 1. Robert Alberts               Pelatih 2. Nick Kuipers                 Bek 3. Geoffrey Castillion        Striker 4. Ezra Wilian                    Striker
Robert Alberts mengemukakan alasannya merekrut mantan pemain PSM Makassar itu. Menurutnya, Ezra masuk dalam rencana jangka panjang Persib.

Dengan masuknya Ezra, dia berharap melanjutkan performa terbaiknya seperti yang ia lakukan di Ajax Amsterdam.

Robert melihat kualitas terbaik dari seorang Ezra adalah saat berada di dalam kotak penalti. Dia punya naluri dan sentuhan akhir yang bagus.

”Itu peran yang akan kami buat sehingga dia bisa membuat kombinasi dengan pemain lain seperti Geoffrey, Luiz,” tegas Robert. 

Robert mengungkapkan dalam pemilihan pemain, ada proses yang cukup kompleks seperti melihat ketersediaan dan posisi bermain.

Kendati demikian, Robert menegaskan, kebangsaan atau asal negara bukan faktor utama yang dipertimbangkan dalam mendatangkan seorang pemain.

”Sebenarnya, ini hanyalah kebetulan. Ezra punya paspor Indonesia, lalu Geoffrey saat itu berstatus sebagai pemain bebas transfer setelah bermain di Islandia,” kata dia.

”Sepakbola Belanda bermain dengan filosofi menyerang, tapi koneksi di antara para pemain ini bukan hal utama atau syarat untuk bergabung ke tim ini,” bebernya.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono mengungkapkan bergabungnya Ezra ke Persib merupakan rekomendasi dari Robert Alberts, selaku pelatih kepala Maung Bandung.

Teddy mengakui Ezra merupakan bidikan utama Persib dalam daftar pemain incaran di bursa transfer awal musim 2021.

Dia mengatakan upaya Persib dalam mendapatkan tanda tangan Ezra terbilang rumit.

”Ya rekomendasi dari tim pelatih, kemudian dengan usia dia yang masih 23 tahun, itu jadi pertimbangan juga,” kata Teddy.

Ezra didatangkan dengan status bebas transfer. Kontrak mantan pemain Jong Ajax itu bersama PSM Makassar telah berakhir Desember 2020. Di Persib, Ezra diikat kontrak berdurasi tiga tahun.

Kehadiran Ezra membuat kebutuhan pemain baru Persib di lini serang terpenuhi. Sebelumnya, Maung Bandung telah mengumumkan kembalinya Ferdinand Sinaga. Masuknya Ezra dan Ferdinand membuat kedalaman lini depan Persib saat ini lebih stabil.

Tercatat ada empat pemain berposisi penyerang yang dimiliki Persib saat ini. Selain Ezra dan Ferdinand, ada pula sosok Wander Luiz dan Geoffrey Castillion. (pra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: