Universitas Wuhan Laporkan Terjadi Kasus Kolera

Universitas Wuhan Laporkan Terjadi Kasus Kolera

CHINA, RADARTASIK.COM - Kasus kolera dikonfirmasi ditemukan di kota Wuhan di CHINA yang menjadi tempat infeksi Covid pertama kali.

Menurut pemberitahuan dari departemen kesehatan distrik yang diterbitkan di akun WeChat dari Dacheng Wuchang, Universitas Wuhan melaporkan terjadi kasus “muntah dan diare, disertai demam rendah.”

Tes serologis yang dilakukan oleh pusat pengendalian penyakit provinsi dan kota kemudian mengkonfirmasi itu merupakan penyakit kolera.

BACA JUGA:Waspada, Strain Mutan Omicron Terdeteksi Menyebar Sangat Cepat di India

“Setelah diagnosis dan pengobatan yang efektif, kondisi pasien telah terkontrol dan gejalanya telah hilang,” kata departemen tersebut.

Departemen pengendalian penyakit lalu menekankan semua tindakan mencegah berjangkitnya penyakit telah segera diambil, termasuk pelacakan kontak, pengumpulan sampel dan penutupan beberapa tempat untuk desinfeksi.

"Tidak ada kasus baru yang ditemukan sejauh ini, " lanjut departemen kesehatan itu dikutip dari Russian Today.

Otoritas kesehatan lalu menginstruksikan universitas untuk waspada ketika penyakit menular datang di musim panas dan mendesaknya untuk meningkatkan standar kebersihan kampus.

“Masyarakat umum diminta untuk memperhatikan kebersihan diri, melakukan pemantauan kesehatan diri dengan baik dan tidak percaya atau menyebarkan desas-desus ,” kata departemen kesehatan.

Kolera digolongkan sebagai penyakit menular kelas-A di Cina, di samping wabah pes.

Kasus yang terdeteksi di Universitas Wuhan adalah infeksi kedua yang dikonfirmasi tahun ini, setelah satu kasus ditemukan pada bulan Maret.

Saat itu lima pasien dinyatakan positif kolera pada tahun 2021 tanpa ada kasus kematian yang dilaporkan.

Menurut WHO pada tahun 2020 penyakit kolera menyebabkan kematian 857 orang di 24 negara, namun jumlah sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today