PKBM Khoiro Ummah Melatih Peserta Didik Jadi Barista Bersertifikat LSP

PKBM Khoiro Ummah Melatih Peserta Didik Jadi Barista Bersertifikat LSP

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Tren kafe kopi di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi peluang besa untuk anak-anak muda berwirausaha. Tidak sedikit kaum muda yang terjun ke bisnis kopi dengan membuka kafe-kafe yang menyajikan beraneka ragam kopi. Melihat besarnya peluang tersebut, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Khoiro Ummah Kota Tasikmalaya melatih peserta didiknya untuk belajar menjadi barista yang handal.

BACA JUGA:Tips Memilih Sekolah untuk Anak, Salah Satunya Perhatikan Kondisi Anak

Pengelola PKBM Khoiro Ummah, Hendaryana, menjelaskan pelatihan yang diselenggarakan di PKBM nya merupakan program dari Kemendikbud Ristek RI melalui Program Kecakapan Kerja (PKK). PKBM Khoiro Ummah terpilih oleh Kementrian dikarenakan bidang keahlian yang dipilih berbeda dengan PKBM lainnya.

"Hanya PKBM Khoiro Ummah yang menyelenggarakan PKK dengan keahlian Barista. Kami bekerjasama dengan beberapa kafe kopi dan barista-barista yang handal untuk menjadi mentor atau pelatih bagi peserta didik. Dan pkbm Khoiro Ummah menjadi pelopor untuk bidang keahlian Barista," ungkap Hendaryana.

BACA JUGA:Siap-siap Kurikulum Bakal Berubah Lagi, Konsekuensi Disahkannya UU Pendidikan dan Layanan Psikologi

Peserta didik yang telah mengikuti pelatihan barista, kata Hendaryana, jug diberi sertifikat negara yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) Bidang Keterampilan Barita. Jumlah jam dalam pelatihan ini sebanyak 150 jam dengan durasi setiap hari 5 jam pelajaran.

"Kami melatih peserta didik mulai dari mengenal jenis-jenis kopi, membuat kopi dari buah kopi basah, hingga meracik beraneka ragam kopi," tuturnya lagi.

BACA JUGA:Kemenag Buka Rekrutmen Fasilitator PKB Guru Madrasah, Ayo Siapa Minat?

PKBM Khoiro Ummah sebagai penyelenggara pendidikan kesetaraan Paket A, B, dan C yang setara dengan SD, SMP dan SMA, memberikan kesempatan untuk anak-anak yang putus sekolah agar bisa mendapatkan berbagai keterampilan. Ada berbagai macam keterampilan yang dilatih akan di PKBM Khoiro Ummah seperti menjahit, sablon, video editing, dan barista.

Selain berbagai keterampilan, peserta didik pun diberi pengetahuan tentang kewirausahaan, manajemen pengelolaan usaha, ketenagakerjaan juga berbagai materi lainnya. (tin)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: