Hasil Penelitian Hubungan Darah Tinggi dengan Konsumsi Daging Kambing, Simak Ulasannya...

Hasil Penelitian Hubungan Darah Tinggi dengan Konsumsi Daging Kambing, Simak Ulasannya...

JAKARTA, RADARTASIK.COM-- Hari Raya Idul Adha identik dengan daging sapi dan kambing. Kare di Idul Adha dilaksanakan ibadah kurban.

Di setiap tahunnya, selalu ada perdebatan soal konsumis daging kambing dengan pendertita darah tinggi. 

Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan membahas hal itu berhasil menemukan fakta menarik terkait makan daging kambing dan efeknya terhadap darah tinggi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Menurut kesimpulan studi ini makan daging kambing, bahkan pada pria dewasa muda dengan tekanan darah normal sekalipun, dapat menyebabkan peningkatan pada tekanan darah.

Kesimpulan ini diambil para peneliti usai usai mempelajari data atas 28 partisipan lelaki dewasa berusia muda, antara 20 hingga 25 tahun.

Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, adalah mereka dengan indeks masa tubuh 18-25 m/kg2, tekanan darah < 140/90 mmHg, bukan perokok, peminum kopi, dan penderita penyakit kronis.

BACA JUGA: ini Dia Resep Sate Kambing Ala Chef Devina Hermawan yang Simpel dan Enak Dinikmati saat Idul Adha

Namun perlu didari juga, tidak semua studi menunjukan hasil yang sama, dan bahwa ada juga studi yang mengklaim bahwa konsumsi daging kambing tidaklah seperti yang ditakutkan.

Kalau sudah begini, alangkah bijaknya jika Anda yang darah tinggi namun hobi makan daging kambing, untuk lebih rutin mengontrol tekanan darah tinggi Anda, dan tidak melewatkan jadwal minum obat Anda.

Dan pun jika Anda memang harus atau sulit untuk menahan godaan daging kabing, ada beberapa bagian daging kambing, yang disarankan dokter untuk Anda santap namun dianggap cukup aman untuk kondisi Anda.

Menurut dr. Adhi Pasha, mereka yang darah tinggi disarankan untuk memilih daging kambing, yang tidak banyak mengandung lemak.

Untuk tiu, kata dia, pilihlah daging kambing yang tidak mengandung banyak lemak. Untuk daging kambing dengan kandungan lemak rendah, Anda bisa memilih daging kambing bagian punggung, daging khas dalam, ataupun daging kaki.

“Hindari juga jeroan hewan,” kata dr. Adhi Pasha seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: