Ribuan Nakes Kembali Demo di DPRD Garut, Ini Permintaan Mereka

Ribuan Nakes Kembali Demo di DPRD Garut, Ini Permintaan Mereka

Radartasik, GARUT – Ribuan tenaga kesehatan (nakes) dan non nakes yang tergabung dalam Forum Komunikasi Honorer nakes (FKHN) Garut kembali mengadakan aksi di halaman Gedung DPRD Kabupaten Garut, Senin 4 Juli 2022.

Ribuan tenaga medis dari berbagai instalasi kesehatan itu menuntut Pemkab Garut menambah formasi dalam rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Kita ingin adanya penambahan formasi untuk honorer nakes dalam rekrutmen PPPK, karena usulan formasi untuk nakes tahun ini sangat sedikit,” ujar Wakil Ketua FKHN Garut Rifki Muhammad Rifandi kepada wartawan di sela-selasa aksi, kemarin.

BACA JUGA: Ratusan Driver Demo Kantor Maxim Tasikmalaya, Sampaikan Sejumlah Tuntut Ini...

Berdasarkan hasil audiensi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu, formasi PPPK untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Garut hanya untuk 100 orang. Sementara kebutuhan nakes untuk Kabupaten Garut sekitar 1.700 orang.

“Kami minta Pemkab Garut menambah formasi PPPK untuk nakes. Jangan hanya untuk 100 orang saja,” terangnya.

Menurut dia, saat ini jumlah honorer nakes dan non nakes di seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Garut dan terdaftar di Sistem Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) ada 2.064 orang.

“Jumlah ini harus diperhatikan pemerintah, jangan hanya membutuhkan tenaganya saja, sementara kesejahteraannya tidak diperhatikan,” katanya.

BACA JUGA: Tasikmalaya Siapkan 25 Ribu Ekor Hewan Kurban, Dipastikan Aman dari Penyakit Mulut dan Kuku

Rifki menerangkan, dedikasi para honorer nakes untuk masyarakat Kabupaten Garut tidak jauh berbeda dengan para guru. Malah para honorer nakes menjadi garda terdepan ketika pandemi Covid-19 menyebar di Kabupaten Garut.

“Bahkan kami bertaruh nyawa ketika menghadapi Covid-19. Jadi kami minta keadilan saja,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Komisi 4 DPRD Kabupaten Garut Karnoto mengaku akan terus memperjuangkan nasib para honorer nakes. Pihaknya akan terus mendorong Pemkab Garut menambah kuota formasi untuk PPPK nakes.

BACA JUGA: Viral, Mobil Buronan Polisi Tabrak 13 Kendaraan, Sopir Bawa Pistol, Nekat Melawan Arus hingga Diamuk Massa

“Jumlah honorer nakes yang ada di saat ini lebih dari 1.800 orang. Ini yang sedang kita perjuangkan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: