Desa Binangun Kembangkan Agrowisata Lembah Pejamben

Desa Binangun Kembangkan Agrowisata Lembah Pejamben

Radartasik, BANJAR – Desa Binangun Kecamatan Pataruman tengah mengembangkan agrowisata buah-buahan di Area Wisata Lembah Pejamben.

Pihak desa tengah membuka lahan untuk penanaman bibit buah seperti durian, alpukat serta kelapa genjah.

“Melalui musyawrah desa, kita merencanakan pengembangan Wisata Pejamben di zona empatnya menjadi agrowisata," kata Kepala Desa Binangun Bubun Sahban Farid Maruf STHi.

"Kita akan menanam buah-buahan mulai tahun ini. Sekarang sudah mulai pembukaan lahan di zona empat Lembah Pejamben,” katanya, Jumat 1 Juli 2022.

Ia menjelaskan, pembukaan lahan ada sekitar dua hektare. Pohon yang ditebang kemudian dijual dan masuk ke kas desa.

Sementara untuk pembukaan lahan dengan mengosongkan sebagian pepohonan itu diperkirakan memakan waktu satu bulan.

“Kurang lebih tinggal seminggu lagi juga selesai untuk pembukaan lahan. Nanti proses selanjutnya tinggal menetapkan titik untuk penanaman bibit pohonnya,” kata dia.

Ia berharap dengan pembukaan lahan Lembah Pejamben untuk pengembangan agrowisata desa itu bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya untuk menambah pendapatan kas desa.

“Proses awalnya pembukaan lahan sebulan, kemudian pembersihan dan langsung penanaman. Agrowisata nanti juga akan dibuatkan peraturan desa (perdes),” katanya.

Selain keberadaan Lembah Pejamben untuk wisata alam, pihak desa juga mengembangkan potensi lainnya dari sisi agrowisata dan kuliner. Ke depan, Lembah Pejamben di perbukitan itu akan menyuguhkan menara pandan, tempat kemping juga wisata edukasi.

“Saat ini juga untuk aulanya sudah digunakan untuk acara-acara pertemuan. Baik pemerintahan, komunitas, dan masyarakat um­um. Kita terus ber­be­nah su­paya wi­sata desa ini se­ma­kin di­mi­nati dan me­nye­dot ba­nyak pe­ngu­n­­­jung dan me­nam­bah pen­da­patan PAD­es,” kata­nya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: