Pemkot Banjar Minta Bantuan Vaksin Flu Burung & Rabies ke Pemprov Jabar

Pemkot Banjar Minta Bantuan Vaksin Flu Burung & Rabies ke Pemprov Jabar

BANJAR — Akibat adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, program dinas banyak yang tertunda. Solusinya, anggaran untuk beberapa program diusulkan ke provinsi supaya mendapat bantuan kucuran biaya. Salah satunya program vaksin flu burung dan rabies.

“Tahun ini kami usulkan vaksin AI (flu burung) ke provinsi sebanyak 50 ribu dosis. Sama halnya dengan tahun lalu, namun tahun lalu dari APBD Banjar masih bisa belanja untuk pembelian vaksin sebanyak 5 ribu dosis. Sementara bantuan dari provinsi sebanyak 30 ribu dosis. Nah untuk tahun ini sepenuhnya diusulkan ke provinsi, namun kita belum tahu bantuannya akan diberikan berapa ribu dosis,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Banjar drh Iis Meilia, Selasa (16/2/2021).

Sama halnya dengan vaksin rabies. Tahun ini pihaknya mengusulkan ke provinsi dan bantuan vaksinnya sudah datang sebanyak 1.000 dosis.

Sementara tahun lalu totalnya 750 dosis, jumlahnya gabungan dari bantuan provinsi dan pengadaan yang didanai dari APBD Banjar.

Meski flu burung dan rabies tidak ada kasusnya di Kota Banjar, namun Kota Banjar merupakan wilayah terancam dari daerah sekitar yang dinyatakan wilayah endemis rabies.

“Kasusnya tidak ada di Banjar, namun karena merupakan wilayah terancam dari kota atau kabupaten endemis rabies, maka kita mempersiapkan program vaksin ini sebagai pencegahan,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: