Debit Air Sungai Citanduy Naik

Debit Air Sungai Citanduy Naik

Radartasik, BANJAR – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari mengakibatkan aliran Sungai Citanduy meluap. Berdasarkan pantauan BPBD Kota Banjar, tinggi permukaan air di sungai yang membelah wilayah Kota Banjar ini mencapai 20/80 centimeter (cm) dan masih berstatus aman.

“Meluapnya aliran Sungai Citanduy berasal dari kiriman hulu Sungai Cimuntur dan Ciamis,” kata Kepala pelaksana BPBD Kota Banjar Kusnadi, Minggu (26/6/2022).

Ia menjelaskan, apabila batas ketinggian permukaan air sudah menyentuh di angka 22/80 cm maka masuk ke status siaga 3 atau dalam batas bahaya.

“Tadi pagi (kemarin) memang ketinggian air di permukaan sudah di angka 21/80 tapi pada pukul 15.00 menyusut ke 20/80,” katanya.

Ia menegaskan terus melakukan koordinasi dengan BBWS Citanduy demi memantau debit air Sungai Citanduy yang melintasi Kota Banjar ini.

“Kami berkordinasi dengan pihak BBWS Citanduy memantau terus perkembangan debit air sungai. Apabila melebihi ketinggian 22/80 sudah masuk status siaga. Sehingga masyarakat yang berada di dekat bantaran sungai bisa waspada,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: