Hampir Separuh Sungai di Dunia Tercemar Narkoba

Hampir Separuh Sungai di Dunia Tercemar Narkoba

Radartasik, Sebuah penemuan mengejutkan muncul karena 43,5% dari saluran air dunia terkontaminasi dengan obat-obatan, menurut tim peneliti  di jurnal Toxicology dan Kimia Lingkungan.

Dipimpin oleh Alejandra Bouzas-Monroy dari Universitas York, para peneliti menganalisis 1.052 sampel sungai di 104 negara dan menemukan 23 senyawa farmasi terpisah pada tingkat yang melebihi tingkat aman

Senyawa yang mencemari sungai itu  termasuk antidepresan, antihistamin, benzodiazepin, obat penghilang rasa sakit dan stimulan.

Lebih dari sepertiga (34,1%) dari lokasi di mana lebih banyak sampel diambil memiliki lebih dari satu lokasi dengan konsentrasi obat yang ditemukan sebagai bentuk "keprihatinan ekologis."

DIkutip dari Russian Today, Bouzas-Monroy mengklaim penelitian ini menjadi "penilaian global pertama" dari kontaminasi farmasi di saluran air dan memperingatkan manusia harus melakukan lebih banyak untuk mengurangi emisi zat ini ke lingkungan.

Studi ini mencatat tidak hanya obat-obatan yang ada di dalam air tetapi juga efeknya pada ikan dan vegetasi air. Obat-obatan seperti amitriptyline antidepresan dan karbamazepin antipsikotik, diketahui mengubah aktivitas enzim pada ikan.

Sedangkan citalopram antidepresan dan diazepam penenang keduanya mengubah perilaku pada hewan.

Obat diabetes metformin mengubah aktivitas hormon seks pada ikan, seperti halnya obat tekanan darah propranolol, semuanya ditemukan di perairan yang dipelajari oleh Bouzas-Monroy dan timnya.

Obat-obatan berakhir di air melalui limbah tubuh yang dihasilkan oleh manusia dan hewan, serta melalui limpahan dari fasilitas manufaktur farmasi dan peternakan.

Survei Geologi AS telah memantau masalah di AS sejak tahun 2002, ketika menemukan setidaknya tujuh bahan kimia di lebih dari setengah saluran air yang diuji.

Pada 2019, badan tersebut menemukan tingkat kontaminasi serupa dalam sampel 1.120 sumur dan sungai yang digunakan sebagai sumber air minum.

Studi Bouzas-Monroy juga menyebutkan tingginya tingkat kontaminasi non-farmasi yang mengganggu saluran air dunia, dari bahan kimia industri dan pestisida hingga logam berat seperti timbal.

Banyak perusahaan air AS bahkan tidak menguji obat-obatan, karena efek kesehatan jangka panjang dari konsumsi obat-obatan semacam itu pada manusia atau hewan dalam jumlah sedikit belum dipelajari secara memadai.

Bahkan ketika efek kontaminan farmasi pada satwa liar setempat diketahui dan diakui secara luas, mungkin hanya ada sedikit motivasi di masyarakat sekitar untuk bertindak.

Fluoxetine, nama generik Prozac antidepresan populer, adalah kontaminan saluran air umum (ditemukan di beberapa sampel yang dipelajari oleh Bouzas-Monroy) yang menyebabkan perubahan perilaku yang nyata pada ikan, membuat mereka kurang agresif secara seksual dan kurang termotivasi untuk berburu makanan.

Efeknya dapat bertahan selama tiga generasi, yang berarti populasi tetap terpengaruh lama setelah pembersihan dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russia today