Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Bertambah Lagi, Warga Harus Waspada

Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Bertambah Lagi, Warga Harus Waspada

Radartasik, KOTA TASIK – Kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya kini bertambah. Sejak Rabu, (22/06/22) informasi yang dihimpun radartasik.disway.id, kasus pasien terkonfirmasi positif Covid menjadi 6 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Asep Hendra membenarkan hal tersebut.

"Iya kasus kita bertambah dua, hari ini satu, kemarin satu. Keduanya ada riwayat perjalanan. Satu baru pulang umroh dan satunya dari luar negeri," paparnya, Kamis (23/06/22).

Kedua pasien terkonfirmasi positif Covid itu, terang dia, sudah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap. Bahkan yang satunya sudah di-booster. 

BACA JUGA:Kemenkes Mengklaim Seluruh Faskes Siap Tangani Lonjakan Pasien Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5

"Gejala yang dialami keduanya cenderung ringan, seperti sakit kepala dan flu," terangnya.

Pihaknya sudah membuat kebijakan, untuk yang sakit mengarah pada flu agar segera datang ke puskesmas, diupayakan diedukasi agar mau melakukan tes swab. 

"Soalnya kasus sekarang secara nasional mulai meningkat. Kalau dari kajian Dinkes, subvarian ini tak jauh berbeda dengan varian omicron. Karena induk semangnya itu memang varian omicron," tambahnya.

BACA JUGA:Rakor Penanganan Covid-19 dengan Kepala Daerah, Ini Arahan Airlangga Hartarto..  

Makanya, tambah dia, gejala dan penularannya sama dengan varian omicron. Meski gejalanya tak terlalu berat, penularannya akan cepat.

"Kalau dilihat, biasanya kasus di Kota Tasikmalaya melonjak sekitat 3-4 pekan setelah lonjakan kasus terjadi di Jakarta," tambahnya. 

Kalau Jakarta diperkirakan mengalami puncak lonjakan pada pertengahan Juli, kemungkinan, jelas dia di Kota Tasikmalaya akan mencapai puncak lonjakan pada pertengahan Agustus.

"Soalnya kan banyak orang Tasikmalaya yang pulang pergi Jakarta. Kami sudah mengumpulkan seluruh dokter fungsional dan kepala puskesmas untuk lebih waspada. Puskesmas harus berupaya untuk meningkatkan pengetesan," jelasnya. 

BACA JUGA:Waspada! Pasien Covid-19 Naik Lagi, Tercatat Ada 1.242 Orang Terkonfirmasi Positif Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: