Bantu Desa Bertransformasi, STT YBSI-Desa Sukaasih Gelar Seminar Bina Desa

 Bantu Desa Bertransformasi, STT YBSI-Desa Sukaasih Gelar Seminar Bina Desa

RADARTASIK, TASIKMALAYA – Sekolah Tinggi YBS Internasional (STT YBSI) Tasikmalaya berkolaborasi dengan Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya menggelar Seminar Bina Desa di Balai Desa Sukaasih, Sabtu (18/6/2022).

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Singaparna yang menyampaikan apresiasi atas inisiasi dan inovasi yang telah dikembangkan oleh STT YBSI bersama Desa Sukaasih. 

Koordinator Tim Bina Desa STT YBSI Rudi Hermawan ST MOS mengatakan, Seminar Bina Desa ini dihadiri oleh 62 desa dengan total jumlah peserta lebih dari 120 orang yang terdiri dari perangkat desa.

“Antusiasme dari desa adalah semangat bagi Kampus STT YBSI Tasikmalaya yang memiliki 3 program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Mesin dan Teknik Mekatronika untuk terus mengembangkan ide-ide yang cemerlang khususnya untuk pembangunan desa,” kata Rudi. 

Dalam kesempatan ini dilakukan pula penandatangan kerja sama antara STT YBSI dengan Desa Sukaasih yang bersepakat untuk kolaborasi lebih lanjut menggali potensi desa khususnya yang berhubungan dengan Teknologi. Harapannya Desa Sukaasih bisa memimpin Transformasi Digital Desa.

BACA JUGA: Unisba Ajak Bijak Gunakan Media Digital

Kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan 4 Aplikasi Desa oleh Tim Bina Desa Karya Mahasiswa STT YBSI Tasikmalaya yang disampaikan oleh Akpil Mauhib, Agung Muhammad Baehaqi, Nurjaman & Siti Uswatun yang masih menjalani Perkuliahan di Tingkat 1 Kampus STT YBSI Tasikmalaya. 

“Empat aplikasi yang disampaikan adalah Aplikasi Kasir, Aplikasi Sadesa, landing page wisata dan UMKM. Keempat aplikasi tersebut diberikan secara gratis dan dapat dikembangkan serta dimanfaatkan oleh setiap desa yang hadir pada kegiatan tersebut,” ujarnya.

Kegiatan ini banyak didukung oleh berbagai pihak, salah satunya PPTIK ITB (Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Teknologi Bandung) yang bersedia untuk bekerja sama dengan STT YBSI untuk implementasi Transformasi Digital Desa dengan menawarkan lebih dari 20 sistem untuk diimplementasikan di desa.

BACA JUGA: BEM STAINU Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan

Selain itu Politeknik Bisnis Ma­yasari juga ikut andil khususnya un­tuk Program Studi Usaha Per­ja­lanan Wisata untuk melihat pe­luang agar bisa membantu po­tensi-potensi wisata desa di Ka­bupaten Tasikmalaya khusus­nya. 

Kepala Desa Sukaasih Umar Mahmudi SSi MPd memaparkan, salah satu prestasi Desa Sukaasih yakni menyulap Sungai Ciwulan yang semula tidak terjamah menjadi sebuah destinasi wisata yang diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) dan menggerakan ekonomi Masyarakat Desa Sukaasih. 

Ketua STT YBSI Tasikmalaya Dewanto Rosian Adhy MT menyampaikan, potensi desa untuk segera melakukan transformasi digital adalah sangat mungkin dengan contoh Mahasiswa STT YBSI Asep Mustopa yang merupakan warga dari Sukaasih yang berprestasi dalam lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional dan Internasional. “Pembangunan transformasi digital harus dimulai dari desa,” ucapnya.  Sementara itu, kata ia, saat ini STT YBSI Tasikmalaya masih membuka Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Tahun Akademik 2022/2023. STT YBSI memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang memiliki prestasi untuk mendapatkan beasiswa yang tersedia salah satunya dari Yayasan Mayasari Bakti Utama. (rls/na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: