Polri Mulai Siapkan Kantor di IKN

Polri Mulai Siapkan Kantor di IKN

Radartasik, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mulai melakukan persiapan untuk berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan tahapan persiapan untuk berkantor di ibu kota negara itu.

Jenderal bintang dua ini menyatakan persiapan mulai digodok tahun ini. Segala yang dibutuhkan untuk pemindahan telah diusulkan.

BACA JUGA: Sam Udjo Dinanti Ibu-ibu Kader PKK Desa Wargakerta Tasikmalaya, Belajar Angklung sampai Mengenal Bambu

Selain pemindahan juga disiapkan pembentukan kepolisian sektor (polsek) dan kepolisian resor (polres) di IKN, Kalimantan Timur.

”Tahun depan (2023) sudah harus dipersiapkan karena tahun 2024 diharapkan secara bertahap Polri sudah mulai berkantor di IKN,” jelas dia.

Selain polsek dan polres, IKN diperkuat dengan Korps Brimob yang telah dikukuhkan pengembangan dan penguatannya oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Sabtu 18 Juni 2022.

BACA JUGA: Keterlaluan, Uang Gajian Hasil Kerja Konveksi Beli Miras, 4 Pemuda Diamankan Maung Galunggung

”Konsep pembentukan polres khusus IKN sedang diajukan,” imbuhnya di sela acara Fun Bike HUT Ke-76 Bhayangkara di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu 19 Juni 2022.

Nantinya, Korps Brimob di IKN dipimpin jenderal bintang satu (brigjen) dalam rangka penguatan IKN.

”Organisasi Brimob salah satunya ditempatkan di IKN. Nanti akan dipimpin perwira tinggi bintang satu dalam rangka mengamankan penguatan IKN agar betul-betul sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Sabtu 18 Juni 2022, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto menjelaskan Polri akan menambah kekuatan pengamanan di IKN.

BACA JUGA: Kapolsek Ungkap Kronologi Kebakaran Sop Buah Mitra 91 di Mitra Batik Kota Tasik

Selain itu ada pengembangan Satuan Brigade Mobil (Brimob), unit khusus kepolisian dengan berbagai tugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id