70 Persen Hewan Sembuh dari PMK

70 Persen Hewan Sembuh dari PMK

Radartasik, GARUT – Angka kesembuhan hewan ternak yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Garut terus mengalami peningkatan. Hal itu setelah Pemkab Garut terus melakukan upaya pencegahan dan pengobatan terhadap ribuan hewan ternak PMK.

“Alhamdulillah saat ini angka kesembuhan tinggi, karena petugas di lapangan terus melakukan pengobatan dan pencegahan pemaparan PMK,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Berdasarkan data yang diterimanya, saat ini jumlah hewan yang terpapar PMK ada 1.900 ekor. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.300-an di antaranya dinyatakan sembuh.

BACA JUGA: Pekan Depan, Roma Akan Putuskan Masa Depan Zaniolo

“Sekarang yang masih terpapar itu sekitar 600 ekor. Jadi sekitar 70 persenan sudah sembuh,” terangnya.

Dengan tingkat kesembuhan yang tinggi, dirinya optimis penyebaran PMK di Kabupaten Garut bisa teratasi. “

Sekarang PMK sudah bisa teratasi setelah kita melakukan upaya-upaya yang komprehensif, seperti pencegahan termasuk pengobatan,” terangnya.

Berkaitan untuk hewan kurban, Helmi menilai ketersediaan di Kabupaten Garut sudah terpenuhi. Namun, di tengah wabah PMK kali ini Helmi mengimbau masyarakat membeli hewan ternak lokal dari para peternak asli Garut.

“Karena kalau laporan dari dinas jumlah populasi yang ada kemudian juga nanti untuk kurban itu sangat cukup, sangat memadai,” terangnya.

“Beli produk lokal Kabupaten Garut agar langsung dirasakan manfaatnya juga oleh petani-petani, peternak-peternak (asli Garut),” tambahnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut Sofyan Yani mengatakan, berdasarkan data dari Satgas PMK Kabupaten Garut, tim kesehatan hewan telah melakukan pelayanan kesehatan hewan berupa pengobatan pada ternak bergejala PMK dan pengobatan suportif terhadap ternak tak bergejala dengan total populasi 4.046 ekor ternak.

Dari total itu, terdapat 2.764 ekor ternak bergejala PMK, yang terdiri dari 68 ekor domba empat ekor kambing, enam ekor kerbau, 1.397 ekor sapi potong, dan 1.289 ekor sapi ternak. “Kami sudah melakukan pengobatan kepada seluruh ternak yang bergejala PMK,” katanya.

BACA JUGA: Waduh, Mick Jagger Usia 78 Tahun Positif Covid-19, Rolling Stones Tunda Konser di Amsterdam

Menurut dia, jumlah hewan ternak yang telah menunjukkan perbaikan kondisi pascapengobatan sebanyak 1.471 ekor. Sedangkan ternak bergejala PMK yang mati berjumlah 50 ekor dan sebanyak 77 ekor ternak dipotong paksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: