Sosok Muazin di Pemakaman Eril, Lulusan ITB Kelahiran Aceh

Sosok Muazin di Pemakaman Eril, Lulusan ITB Kelahiran Aceh

Radartasik, JAKARTA – Sosok pria berpeci yang mengumandangkan azan para prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril menjadi sorotan publik.

Pria itu menjadi sorotan publik saat pemakaman putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena suarnya sangat merdu dan menyentuh hati.

Bahkan, Atalia Praratya, ibunda Eril, sampai mengungkapkan bahwa suara muazin untuk melepas kepergian Eril sangat indah.

”Lantunan adzan yang bergitu indah melepas A Eril. Masya Allah..merinding..,” tulis Atalia di akun Instagram @ataliapr pada 14 Juni 2022.

Siapa sebenarnya sosok muazin di pemakaman Eril itu? Ia adalah Muzammil Hasballah. Ia merupakan seorang pemuda kelahiran Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. 

Muzammil Hasballah merupakan alumni Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2011. seorang hafidz dan qori Al Quran terkenal bernama Muzammil Hasballah.

Muzammil Hasballah juga menjadi imam Masjid Al Lathiif Bandung dan Masjid Salman ITB karena kefasihannya membaca Al Quran.

Muzammil Hasballah pernah mendapat pujian dari seorang Imam Besar Masjidil Haram yaitu Syekh Adel Al kabani.

Dalam pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz memang ada sejumlah hal yang jadi sorotan publik. Seperti sebuah lukisan bergambar wajah almarhum Eril.

Lukisan tersebut dipegang Cammelia Laetitia Azzahra atau Zahra, putri Ridwan Kamil. Ada fakta tak terduga di balik lukisan Eril yang dibawa pihak keluarga ke pemakaman itu.

Lukisan Eril itu ternyata merupakan karya dari adik Eril, Zara. Lukisan Eril ia buat untuk melepas kepergian sang kakak untuk selamanya.

Lukisan tersebut terlihat memiliki beragam warna dengan sosok Eril yang mengenakan kacamata tengah tertawa lebar.

Dalam sebuah unggahan TikTok, proses pembuatan lukisan Eril itu pun dibagikan dan membuat publik kagum.

Ada pesan menyentuh juga di balik pembuatan lukisan Eril yang diungkapkan Zara setelah sang kakak harus meninggalkannya lebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: