KPU Beber Skenario Perubahan Dapil di Kota Tasik, Kampanye Pemilu 2024 Lebih Singkat

KPU Beber Skenario Perubahan Dapil di Kota Tasik, Kampanye Pemilu 2024 Lebih Singkat

Radartasik, KOTA TASIK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa kampanye pada Pemilu 2024 hanya memiliki waktu sedikit yaitu 75 hari. 

Demikian juga soal wacana perubahan Dapil di Kota Tasikmalaya dari 4 Dapil ke-5 Dapil, jadwalnya dibahas bulan Oktober mendatang dan final di Februari 2023. 

"Nanti di Februari 2023 sudah ada kepastian ada berapa Dapil. Tinggal kemudian nanti stake holder partai politik dan unsur pemerintahan melakukan uji publik," ungkap Ketua KPU, Ade Zaenul Mutaqin saat kunjungan ke Graha Pena Radar Tasikmalaya Group di Jalan SL Tobing, Kecamatan Cihideung, Senin (13/06/22).

BACA JUGA:Bulan Depan KPU Jajaki Tahapan Awal Pemilu Serentak

Nanti, tambah dia, konsep 4 atau 5 Dapil akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapat masukan-masukan. Sehingga nanti bisa lebih valid dan teruji.

"Parpol, akademisi, pemerintahan, TNI-Polri dan teman-teman media kita undang. Khususnya akademisi nanti akan melakukan kajian-kajian yang dikatakan lebih sesuai," tambahnya.

Termasuk, jelas dia, juga dari pemerintahan. Karena ada beberapa fungsi, seperti fungsi kesinambungan, proporsionalitas dan lain-lain.

BACA JUGA:Biayai Tahap Awal Pemilu Serentak 2024, KPU Butuh Anggaran Rp 8 Triliun, Itu untuk Kegiatan di 2022

"Jadi penataan Dapil ini bukan hanya kepentingan 1 atau 2 pihak. Tapi semua pihak. Dan yang terpenting lagi penataan Dapil ini adalah untuk dikembalikan kepada masyarakat yang akan merasakannya," jelasnya.

Sebab, tukas dia, semua harus sepakat apakah tetap 4 Dapil atau menjadi 5 Dapil. Dengan telah munculnya dan terbitnya PKPU ini maka pada 14 Februari 2023 akan dimulai.

"KPU akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk bergerak bersama sesuai tufoksinya masing-masing guna menyukseskan Pemilu di Kota Tasikmalaya," ulas dia.

BACA JUGA:Pemilihan Hasyim Asy'ari Jadi Ketua KPU Periode 2022-2027 Kurang dari 1 Menit, Wow

Dalam kunjungan silaturahmi ini rombongan KPU yang dipimpin Ketua KPU, Ade Zaenul Mutaqin bertemu dengan GM Harian Pagi Radar Tasikmalaya, M Ruslan Hakim, GM Radar TV, Arif Hidayat dan GM radartasik.disway.id, Ruslan Caxra.

"Untuk Pemilu 2024 ini sebetulnya tak berbeda dengan pelaksanaan Pemilu sebelumnya," ujar Ade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: