Waspada, 5 Kasus Pasien Positif Covid-19

Waspada, 5 Kasus Pasien Positif Covid-19

RADARTASIK, TASIKMALAYA – Torehan 0 kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya selama beberapa pekan mulai tercoreng. Sejak Kamis hingga Sabtu (9-11/6/2022) ada lima kasus pasien positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya Uus Supangat membenarkan hal tersebut. Dia mencatat yang diunggah Instagram Diskominfo saat ini terjadi lima kasus pasien positif.

”Ya betul kemarin Sabtu (11/6/22) ada kasus aktif nambah lima pasien. Hari ini (kemarin) belum ada penambahan masih lima kasus,” katanya yang dihubungi melalui ponselnya, Minggu (12/6/2022).

Penambahan kasus ini, kata dia, terjadi setelah para pasien pulang dari luar kota. Kemudian mereka memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Tasikmalaya.

”Satu sisi, ya masyarakat sudah sadar memeriksakan diri. Para pasien ini tertular setelah pulang dari luar kota. Mereka tak bergejala,” tuturnya. 

Hingga kini, pihaknya belum melakukan tracing karena penularannya lambat sejak Kamis lalu. Namun proses screening di faskes seperti puskesmas tetap dilakukan.

”Kebetulan juga kemarin kita masih melakukan screening kepada yang datang ke faskes, tak langsung turun,” ujarnya.

BACA JUGA: Lolos BK Porprov Jabar, Ratusan Atlet Kota Tasikmalaya Jalani Tes Fisik

”Ke depan apabila dipandang perlu jika yang datang ke klinik ada penambahan, maka tak menutup kemungkinan kita akan tingkatkan lagi screning dan tracing-nya,” katanya. 

Uus menambahkan, penyebab Covid-19 ini muncul belum tentu bisa hilang secara seketika. Maka, saran dia, yang terpenting adalah vaksin.

”Vaksin sebagai satu langkah upaya di dalam meningkatkan imunitas kita terhadap virus tertentu terhadap penyakit dan menyebabkan penularan yang masif,” ujarnya.

Walaupun ada virus covid ini, kata dia, dari beberapa kasus kali ini tidak bergejala. Maka disarankan lima pasien positif itu isolasi mandiri.

”Artinya kemungkinan terpapar ada, tapi tak berdampak sakitnya tidak berat. Yang terpenting justru kita harus menyadari pentingnya vaksin sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh kita,” tuturnya. 

Kekebalan komunal, menurut dia, sudah tercapai jika masyarakat sudah melaksanakan vaksin dengan baik. Vaksin ketiga di Kota Tasikmalaya sejuah ini baru mencapai sekitar 30 persenan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: