Obat Eksperimen Sembuhkan Pasien Kanker

Obat Eksperimen Sembuhkan Pasien Kanker

Radartasik, Semua pasien kanker dubur yang ikut dalam uji coba obat klinis kecil yang dilakukan oleh Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering New York melihat kanker mereka mengalami remisi setelah menerima pengobatan imunoterapi eksperimental.

Temuan penuh harapan bagi pasien kanker ini dipublikasikan oleh para peneliti di New England Journal of Medicine pada tanggal 5 Juni 2022.

Salah satu peserta uji coba, Sascha Roth mengatakan kepada New York Times bahwa dia sedang bersiap untuk melakukan perjalanan ke Manhattan selama berminggu-minggu ketika Memorial Sloan Kettering  memberitahunya bahwa dia sekarang bebas kanker.

“Saya memberi tahu keluarga saya. Mereka tidak mempercayai saya,” kata Roth.

Hal yang sama terjadi pada pasien lain yang ikut serta dalam uji coba, karena kanker tampaknya telah menghilang di setiap pasien dan tidak terdeteksi oleh pemeriksaan fisik, endoskopi, PET atau pemindaian MRI.

Salah satu penulis makalah yang merinci percobaan tersebut, Dr. Luis A. Diaz Jr. dari Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering mengatakan kepada NYT bahwa dia tidak mengetahui penelitian lain di mana pengobatan sepenuhnya melenyapkan kanker pada setiap pasien.

"Saya percaya ini adalah pertama kalinya terjadi dalam sejarah kanker," kata Dr. Luis A. Diaz Jr dikutip dari Russian Today.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Semua pasien uji coba memiliki kanker rektum stadium lanjut local yang berarti tumor telah menyebar di rektum dan kadang-kadang ke kelenjar getah bening tetapi tidak ke organ lain serta mengalami mutasi genetik langka yang disebut defisiensi perbaikan ketidakcocokan (MMRd).

Mereka diberi pengobatan selama enam bulan dengan obat imunoterapi yang disebut Dostarlimab, buatan perusahaan farmasi GlaxoSmithKline, yang membantu mendanai penelitian tersebut.

Obat tersebut dilaporkan berharga sekitar $ 11.000 per dosis dan diberikan kepada setiap pasien setiap tiga minggu selama enam bulan.

Seperti yang dijelaskan oleh kontributor medis CBS News Dr. David Agus, obat ini bekerja dengan mengekspos sel kanker sehingga sistem kekebalan dapat mengidentifikasi dan menghancurkannya.

“Perawatan baru ini adalah jenis imunoterapi, pengobatan yang menghalangi sinyal memakan sel kanker yang memungkinkan sistem kekebalan untuk menghilangkannya,” jelasnya.

Pasien percobaan terus tidak menunjukkan tanda-tanda kanker bahkan setelah enam bulan atau lebih masa tindak lanjut, yang berarti bahwa mereka tidak lagi memerlukan perawatan kanker standar seperti pembedahan, radiasi atau kemoterapi.

Kanker dilaporkan tidak kembali pada pasien mana pun, yang sekarang telah bebas kanker selama rentang enam hingga 25 bulan setelah uji coba berakhir.

Perlu juga dicatat bahwa tidak ada pasien yang menderita efek samping serius dari obat tersebut, tidak seperti apa yang bisa terjadi jika mereka menjalani operasi, radiasi, atau kemoterapi yang memiliki efek permanen pada kesuburan, kesehatan seksual dan fungsi usus dan kandung kemih.

Didorong oleh keberhasilan percobaan, para peneliti sekarang setuju bahwa pengujian harus direplikasi dalam penelitian yang jauh lebih besar, mencatat bahwa penelitian kecil hanya berfokus pada pasien yang memiliki tanda genetik langka pada tumor mereka.  
Mereka juga menegaskan kembali bahwa tingkat remisi 100% pada pasien adalah tanda awal yang sangat menjanjikan.

Uji coba berikutnya diharapkan mencakup sekitar 30 pasien yang seharusnya memberikan gambaran yang lebih baik tentang seberapa aman dan efektif obat baru itu sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today