Soal Sampah, Begini Hasil Sidak Dewan dan DLH Kota Tasik

Soal Sampah, Begini Hasil Sidak Dewan dan DLH Kota Tasik

Radartasik, KOTA TASIK - Solusi pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya hingga kini terus dilalukan pihak eksekutif dan legislatif. Seperti Kamis (09/06/22), Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), melalukan inspeksi mendadak (Sidak).

Sidak ini dilakukan ke beberapa titik Tempat Pembungan Sampah (TPS) di Jalan Mashudi dan Jalan Sewaka. 

"Ini merupakan sidak dari Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya bersama DLH memonitor kondisi TPS-TPS. Namun demikian kami tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk pelayanan kepada masyarakat," ujar Kepala DLH, Denni Diyana.

BACA JUGA:Perda Pengelolaan Sampah Belum Diterapkan Maksimal

"Solusi jangka pendek yang kita lakukan adalah menambah jam kerja armada angkut dan juga terus membersihkan TPS-TPS liar sambil melakukan imbauan melalui baner-baner. Kendala ada banyak saja tapi bisa kita tindaklanjuti," sambungnya. 

Menindaklanjuti sidak, DLH sudah komitmen bersama Komisi III untuk sama-sama menangani masalah sampah di Kota Tasikmalaya, baik dari segi manajemen, sistem, SOP dan penganggaran.

"Terkait challange dari Wali Kota soal target Adipura, ya tahun depan Insya Allah bisa diraih. Kita siapkan dari berbagai indikator. Insya Allah Adipura adalah bonus. Hasilnya adalah Kota Tasikmalaya lebih bersih, indah dan tertata. Kita Sidak ke TPS Jalan Mashudi dan Sewaka," terangnya.

BACA JUGA:Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Challange Kepala DLH Biar Raih Adipura

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD, Enan Suherlan menuturkan, sidak ini adalah salah satu langkah mencari solusi pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya agar lebih baik lagi.

"Alhamdulillah kami bersama mitra Komisi III yaitu DLH, berikhtiar untuk memberikan solusi berkaitan dengan permasalahan hari ini yaitu realitas tumpukkan sampah," tuturnya.

Hasilnya, tambah dia, pihaknya berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan ini.

BACA JUGA:Andil Demi Kebersihan, Bank Sampah di Perum Bumi Endah Indihiang Kumpulkan 582 Kilogram Sampah

"Ya Alhamdulillah ada langkah-langkah yang sudah kita sampaikan dan dari DLH juga sudah memaparkan strategi serta sistem penanganan sampah yang telah dilakukan," tambahnya.

Sidak ini dilakukan sambil lewat saja meninjau TPS-TPS yang sering dikeluhkan masyarakat. "Realitasnya sudah disampaikan, mudah-mudahan bisa lebih baik dengan keadaan hari ini walaupun bak sampahnya masih berfungsi. Tentunya kedepan harus ada perbaikan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: