TNI AL Bandung Latih Nelayan Jadi Pembudidaya Udang Vaname

TNI AL Bandung Latih Nelayan Jadi Pembudidaya Udang Vaname

Radartasik, PANGANDARAN – Ratusan nelayan di Kabupaten Pangandaran mengikuti pelatihan budidaya udang vaname di KUD Minapari Bojongsalawe Kecamatan Parigi, Rabu (8/6/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan Pangkalan TNI AL Bandung.

BACA JUGA: Hina Nabi Muhammad, Politisi Partai Berkuasa India Ditangkap Polisi Bersama 50 Orang Lainnya

Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr Suradi AS mengatakan, pelatihan budidaya udang vaname kepada 100 peserta masyarakat pesisir dalam rangka penyelenggaraan ketahanan pangan.

“Ini wujud kepedulian dari TNI AL dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional,” katanya kepada wartawa, kemarin.

Ia mengatakan nelayan diajak lebih mendalami budidaya udang vaname. “Demand (permintaan) vaname ini sangat tinggi, dari dalam dan luar negeri,” jelasnya.

Kata dia, hampir di setiap pesisir pantai, udang jenis ini bisa dibudidayakan. “Ini kesempatan besar, karena kita punya kuota di luar itu sampai 2 juta,” katanya.

BACA JUGA: Maling Bobol Bengkel Variasi, Sikat Oli Dua Dus dan Uang

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Dedi Surachman mengatakan kebutuhan udang vaname masih cukup besar. “Jadi ini peluang bagi nelayan dan pembudidaya,” jelasnya.

Menurutnya, di setiap pantai hampir ada pembudidaya udang vaname. “Antusiasnya cukup baik di Pangandaran,” katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan itu hadir Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr Renny Setiowati. Dia memberikan bantuan benih udang vaname. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radartasik.disway.id