Usai Mobilio Tertabrak KRL, PT KAI Tutup Permanen Perlintasan KA Citayam

Usai Mobilio Tertabrak KRL, PT KAI Tutup Permanen Perlintasan KA Citayam

Radartasik, DEPOK -Setelah mobil Honda Mobilio tertabrak KRL rute Bogor-Jakarta, Rabu (20/4/2022), PT KAI Daop 1 Jakarta menutup permanen perlintasan di rel Stasiun api Citayam, DEPOK.

Langkah penutupan perlintasan rel kereta api itu agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi. 

Pertimbangan lainnya adalah lintasan tersebut merupakan perlintasan liar yang berpotensi rawan kecelakaan.

"Karena perlintasan sebidang lokasi kecelakaan KRL dengan mobil tidak memiliki pintu otomatis dan rambu peringatan, dan berdasarkan undang-undang perlintasan liar harus ditutup," kata Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Rabu 20 April 2022.

Eva Chairunisa menambahkan, penutupan perlintasan sebidang itu dilakukan secara manual dan disaksikan langsung oleh Direktur Keselamatan DJKA.

Selain itu, PT KAI Daop 1 Jakarta juga akan menutup 67 lintasan sebidang kereta api sepanjang 2022 ini. Sembilan lintasan sebidang di antaranya berada di Depok dan Bogor, Jawa Barat.

"Di wilayah Daop 1 Jakarta, KAI memprogramkan penutupan perlintasan sebidang pada 67 perlintasan sebidang di 2022, 9 di antaranya berada di wilayah Depok dan Bogor," ungkapnya.

Hingga April 2022, PT KAI telah menutup 7 lintasan sebidang. Selebihnya, perusahaan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pejabat wilayah setempat.

"Untuk lokasi lainnya, saat ini masih dalam proses koordinasi dengan kementerian perhubungan dan kewilayahan setempat," ujar Eva Chairunisa.

Diketahui, sebuah mobil minibus ditabrak Kereta Rel Listrik (KRL) di perlintasan kereta api palang pintu manual di Rawageni, Kecamatan Cipayung, Citayam, Kota Depok. 

Akibatnya minibus berplat nomor B 1563 NYZ itu ringsek dan terjepit di antara badan kereta dan pagar pembatas. 

Bakal Menuntut Pemilik Mobil

PT KAI (Persero) menyatakan bakal membuat laporan dan menuntut pertanggungjawaban pengemudi mobil yang menerobos palang pintu KRL di lintasan Citayam pada Rabu 20 April 2022 pagi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI menyayangkan kecerobohan pengemudi mobil yang tidak mendahulukan perjalanan kereta api, sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan perjalanan KRL yang menghambat aktivitas masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway