Bahaya Bakteri Salmonella yang Viral di dalam Kinder Joy

Bahaya Bakteri Salmonella yang Viral di dalam Kinder Joy

radartasik.com, BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia memutuskan untuk menarik cokelat telur dari Belgia yaitu cokelat Kinder.

Penarikan menyusul keputusan dari BPOM di berbagai negara yang juga menarik cokelat telur Kinder Surprises karena mengandung bakteri Salmonella atau Salmonella Typhosa penyebab penyakit tipes.

Di Indonesia, cokelat telur Kinder Joy juga ikut ditarik untuk mengecek cemaran bakteri tersebut. Lalu seberapa bahaya jika seseorang terkena penyakit tipes?

Ahli Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam mengatakan tipes adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau disebut sebagai infeksi

Kondisi ini menyerang infeksi usus halus manusia yang disebabkan kuman Salmonella Typhosa yang disebut mencemari cokelat telur tersebut.

”Penyakit infeksi usus yang disebabkan oleh kuman Salmonella atau orang bilang tipes itu adalah penyakit yang berhubungan dengan makanan ya. Karena memang kuman ini ditemukan pada makanan, makanan tercemar. Lalu jika daya tahan tubuh orang itu tak bagus, maka dia bisa terinfeksi oleh kuman Salmonella,” kata dia kepada JawaPos.com, Kamis (14/4/2022).

Prof Ari menjelaskan pasien dengan infeksi ini memang tidak boleh dianggap remeh. Jika dibiarkan, maka daya tahannya akan drop. Risiko infeksi bisa fatal.

”Bisa saja infeksi ini masuk ke dalam darah kita atau dikenal dengan sepsis. Racun bisa masuk ke otak, bisa sampai fatal atau bahkan bisa berujung kematian,” kata Prof Ari.

Namun, kata dia, masyarakat perkotaan umumnya sudah sadar diri jika merasa dirinya demam dan tidak enak badan seperti mual muntah yang menjadi gejala awal penyakit tipes ini.

Jika sudah merasa demikian, menurut dia, seseorang umumnya langsung pergi ke dokter sehingga tak sampai dalam kondisi parah.

”Tapi umumnya pasien kota besar, jika merasa demam atau meriang langsung ke dokter dan dikasih antibiotik. Sebab jika tak ditangani dengan baik bisa komplikasi fatal,” ungkapnya.

BPOM Menarik Kinder Joy

Di Indonesia, per hari Senin (11/4/2022), BPOM memutuskan menarik keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik tersebut di atas tidak terdaftar di BOM.

Produk merek Kinder yang terdaftar di BPOM berasal dari India dengan nama varian produk antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi Ferrero India PVT, LTD.

Untuk melindungi masyarakat dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, BPOM akan melakukan random sampling dan pengujian di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang terdaftar.

BPOM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella.

BPOM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” tegas pernyataan BPOM.

Sejumlah negara sudah memutuskan menarik produk cokelat telur merek Kinder asal Belgia karena dugaan mengandung cemaran bakteri Salmonella.

Peringatan publik (Food Alert) oleh Food Standard Agency/FSA Inggris diterbitkan baru-baru ini dan diikuti sejumlah negara di Eropa, antara lain Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.

Meski begitu, cokelat yang ditarik merupakan merek Kinder Surprise, berbeda dengan Kinder Joy, meski satu perusahaan.

Pada 2 April 2022, FSA Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid).

Apa itu Salmonella? Adalah bakteri pencernaan yang menyerang perut. Gejalanya yakni gejala ringan yang ditimbulkan adalah diare, demam, dan kram perut. Orang menyebutnya dengan penyakit tipes. (Jawa Pos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: