Harga Kebutuhan Pokok Belum Stabil

Harga Kebutuhan Pokok Belum Stabil

radartasik.com, Bupati Garut H Rudy Gunawan melakukan monitoring ketersediaan dan harga pangan di Pasar Induk Guntur Ciawitali Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (13/4/2022). Dari hasil peninjauan, terdapat banyak harga yang belum stabil.


“Harga masih fluktuatif. Ada yang naik dan ada juga yang turun,” ujar Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada wartawan, kemarin.

Rudy menerangkan, harga sayuran yang mengalami penurunan di bulan Ramadan di antaranya kentang, wortel, kol, dan tomat. Sementara yang naik seperti cabai rawit.

Sementara harga minyak goreng curah, Rudy memastikan saat ini mengalami penurunan. Dari hasil pemantauan, penurunan minyak goreng curah di angka Rp 2.000.

“Sebelumnya harga minyak curah ini di angka Rp 20.000, sekarang Rp 18.000. Stoknya juga banyak,” terangnya.

Dia berharap masyarakat bisa terbantu untuk mendapatkan minyak goreng dengan penurunan itu, terutama menjelang Lebaran. “Menjelang Lebaran ini stok minyak goreng dan kebutuhan pokok banyak. Harganya juga turun,” ucapnya.

Ia berharap harga kebutuhan pangan di Kabupaten Garut bisa terus menurun dan stok kebutuhan pangan di Kabupaten Garut dapat terpenuhi.

Perbolehkan PKL Jualan di Pengkolan Garut

Selain meninjau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok, Bupati Garut juga melihat kondisi dan situasi aktivitas perdagangan di Pengkolan Garut di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Garut Kota.

Dalam peninjauan, Rudy akan mengizinkan pedagang kaki lima (PKL) membuka lapak di kawasan pengkolan selama Ramadan, dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Nanti setelah Lebaran itu mereka harus kembali lagi. Ini di sekitar Jalan Ahmad Yani, tapi tetep kita menjaga agar lalu lintas tetap berjalan dengan baik. Ini akan dijaga oleh Satpol PP, Polri, dan TNI, dan tentu saya berharap tetap menggunakan masker, menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Rudy mendoakan PKL di Pengkolan Garut barang dagangannya laku serta mengajak tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ayo berdagang dan beribadah dengan (tetap menerapkan) protokol kesehatan, mantap,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: