BRI Terus Lakukan Pendampingan UMKM, Bukti Dukungan Gernas BBI
Reporter:
ocean|
Selasa 05-04-2022,14:50 WIB
Hal ini sekaligus sebagai upaya perseroan untuk mendorong masyarakat agar lebih mencintai dan membeli produk lokal dari
UMKM Indonesia. Di sisi lain,
UMKM didorong untuk terus berinisiatif memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dalam memasarkan produknya.
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah
BRI Amam Sukriyanto mengatakan,
BRI senantiasa melakukan pendampingan kepada
UMKM untuk meningkatkan transaksi penjualan.
”Kalau penjualannya naik, pelaku usaha juga otomatis akan naik kelas sehingga peran
BRI di sini juga menjembatani mereka ke pasar yang lebih luas,” katanya.
Seperti diketahui, berbagai bentuk dukungan
BRI telah diimplementasikan lewat serangkaian program, seperti
UMKM EXPO(RT)
BRILIANPRENEUR yang selalu sukses diselenggarakan rutin setiap tahun.
Untuk tahun lalu, sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia pun berhasil menandatangani commitment deal bersama 163
UMKM dengan nilai transaksi mencapai US$ 72,13 juta. Angka tersebut melampaui target sebesar US$ 65 juta.
Amam menambahkan, pencapaian ini menjadi momentum bagi
UMKM Indonesia untuk survive, bangkit, dan bertransformasi dalam menjawab tantangan yang ada.
Di dalam kegiatan tersebut,
BRI telah mempertemukan
UMKM dengan pembeli potensial yang berasal dari mancanegara. Keberhasilan business matching tersebut membuktikan bahwa kualitas produk
UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar internasional.
Terkait hal ini,
BRI secara berkelanjutan juga melibatkan pelaku usaha, termasuk
UMKM dalam pengadaan Capex maupun Opex perseroan. Tercatat, dari pengadaan ini, Tingkat Komponen Dalam Negeritelah (TKDN) yang dicatatkan
BRI mencapai 66,67% sepanjang 2021.
Selain itu, bentuk dukungan lainnya dibuktikan melalui berbagai Expo
UMKM lokal yang diselenggarakan, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya adalah pameran virtual industri kreatif
UMKM dengan tema ”Lokal Keren Jatim” pada tahun lalu.
Kegiatan yang diselenggarakan untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (
UMKM) di Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan
BRI UMKM EXPO(RT) Road to
BRILIANPRENEUR.
Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata
BRI dalam mendorong bangkitnya
UMKM di Indonesia yang sejalan dengan Gerakan Nasional
Bangga Buatan Indonesia (BBI).
”Di dalam
Gernas BBI, perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan ekonomi di Tanah Air dengan cara membangkitkan sektor-sektor potensial, khususnya
UMKM. Upaya ini akan mendorong peluang usaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ungkap Amam.
Sebagai informasi,
Gernas BBI yang diluncurkan pertama kali pada Mei 2020 ini terus didorong oleh seluruh stakeholder.
Tercatat sebanyak 5,5 juta
UMKM artisan telah onboarding di marketplace dengan total sebesar 17,2 juta unit pada 2021. Angka ini mencapai 57% dari target pemerintah, yakni 30 juta
UMKM yang akan onboarding pada tahun 2023.
Gernas BBI tersebut dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, serta platform marketplace.
(lan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: