Launching BUMDes Perbankan Untuk Menggebyarkan Potensi Desa

Launching BUMDes Perbankan Untuk Menggebyarkan Potensi Desa

radartasik.com, GARUT — Badan usaha milik desa (BUMDes) se-Kabupaten Garut di-launching. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggebyarkan potensi dan keunikan desa.

Selain menggebyarkan potensi dan keunikan desa, launching BUMDes ini sebagai alat ukur keberhasilan pemerintah provinsi dalam membangun Jawa Barat Juara.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Dr Ir H Dicky Saromi, MSc saat memberikan sambutan di Halaman Masjid Assalafiyah, Senin (28/3/2022).

Dia mengatakan apa yang sudah dilakukan DPMD Provinsi Jawa Barat, salah satunya launching BUMDes, akan terus dirangkaikan dengan kegiatan desa-desa lainnya di Jabar.

”Karena masing-masing desa di seluruh Jawa Barat itu mempunyai keunikan dan mempunyai potensi, khususnya bagi mereka yang juga menjalankan ekonominya melalui badan usaha milik desa,” kata dia.

Dicky mengatakan Kabupaten menjadi kabupaten pertama untuk dilakukannya launching BUMDes di Provinsi Jabar, khususnya BUMDes yang berbasiskan perbankan.

”Jadi, ada 41 kecamatan. Masing-masing satu kecamatan ada satu desa yang kita mulai kerja sama dengan Bank Jabar, bekerja sama dengan PT Pos, dan Unilever, bekerja sama dengan Pegadaian dan seterusnya,” katanya.

Dia menjelaskan kerja sama ini juga menjadi awal dalam memajukan desa melalui BUMDes-nya itu sendiri.

”Dan beberapa produk yang sudah dilihat oleh bapak tadi, termasuk dengan maskaranya, ini menunjukkan begitu hebatnya potensi Kabupaten Garut yang perlu kita gebyarkan,” katanya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Garut melalui DPMD Kabupaten Garut dan Desa Wanajaya yang sudah menjadi tuan rumah untuk launching BUMDes.

Dia berharap launching BUMDes ini menjadi kesuksesan dan memajukan desa untuk Jawa Barat Juara. (cat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: