Tips Memastikan Nafas Segar Sepanjang Hari

Tips Memastikan Nafas Segar Sepanjang Hari

Radartasik.com, Mempunyai nafas yang segar bisa membuat makin percaya diri, tetapi jika terus-menerus mengalami masalah dengan bau mulut, sebaiknya sesuaikan pola makan untuk menghindari makanan yang berpotensi menimbulkan bau mulut.

Menurut Payal Bhalla seorang dokter gigi utama dan direktur klinis Quest Dental berikut tips mempunyai nafas yang segar:

1. Pertahankan rutinitas gosok gigi yang teratur.

“Mempertahankan rutinitas gosok gigi baik pagi dan malam akan membantu meringankan gejala bau mulut,” kata Payal.

"Itu tidak akan sepenuhnya mencegahnya dan Anda mungkin harus menyesuaikan pola makan Anda, tetapi itu akan bekerja untuk menjaga mulut Anda tetap segar," lanjutnya.

Coba sikat gigi elektrik yang disetujui oleh dokter gigi karena direkomendasikan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh dan menjangkau semua tempat sulit yang cenderung membuat makanan terperangkap.

Flossing juga disarankan bersama dengan obat kumur untuk membilas lebih lanjut dan membersihkan partikel yang tertinggal.

Obat kumur juga akan membantu menjaga lidah Anda tetap bersih dan segar, karena seringkali bau mulut bisa berasal dari lidah yang kotor.

“Anda mungkin ingin melihat alat khusus untuk membersihkan lidah Anda seperti pengikis lidah atau sikat gigi untuk lidah Anda,” tambahnya.

2. Hindari Mulut kering

Mulut kering karena kekurangan air liur dapat dapat memicu bau mulut.

“Air liur diperlukan untuk membersihkan mulut secara alami dan membersihkan bakteri dan partikel makanan hari itu, jadi ketika air liur ini hilang, mulut bisa tetap mandek dan bau mulut bisa terbentuk,” tutur Payal.

“Cobalah untuk minum delapan gelas sehari, dan lebih banyak lagi di antara waktu makan dan rehat kopi,” saranya.

3. Kunjungi dokter gigi

Jika telah melakukan hal di atas dan masih mencium bau yang tidak sedap, sebaiknya segera mengunjungi dokter gigi.

Karena dokter gigi dan ahli kesehatan mungkin dapat menentukan masalahnya.

“Seringkali bau mulut bisa menjadi tanda adanya lubang pada gigi, jadi sebaiknya kunjungi dokter gigi secara rutin,” pungkas Payal dikutip dari The Sun. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: