Alasan 5 Makanan Ini Kerap Dijadikan Sesajen Bagi Leluhur

Alasan 5 Makanan Ini Kerap Dijadikan Sesajen Bagi Leluhur

Radartasik.com, JAKARTA — Indonesia dikenal memiliki beragam budaya. Salah satunya adalah sesaji atau biasa disebut sesajen.

Sesajen biasanya disajikan dalam upacara adat dengan tujuan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan leluhur atau makhluk gaib. 

Sesajen biasanya sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur dan pengamalan rasa syukur atas rezeki atau kepentingan tertentu yang terwujud. 

Di dalam sesaji, biasanya 5 jenis makanan ini selalu tersedia. Ternyata, masing-masing memiliki filosofi dan alasan tertentu. Simak ulasannya! 



ayam cemani

Ayam Cemani merupakan salah satu jenis ayam buras atau kampung yang memiliki warna hitam hampir di seluruh bagian tubuhnya. Mulai dari kepala, bulu, daging hingga tulangnya.

Bahkan, beberapa ayam jenis ini memiliki darah yang berwarna hitam. Konon hal inilah yang membuat ayam ini menjadi kesukaan setan dan bangsa jin. Sehingga selalu ada dalam ritual sesajen.

Selain itu ayam cemani dipercaya dapat memperoleh ilmu sakti, keberuntungan hingga penangkal sihir.

2. Buah Pisang


pisang

Buah pisang yang jadi favorit banyak orang juga sering dijadikan sesajen. Menurut leluhur, pisang merupakan buah yang sangat dihormati, terlebih bagi umat Hindu. Itu karena buah pisang memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan itu ada pada pohonnya yang dipercaya tidak akan mati sebelum menghasilkan buah. Dalam hal ini, pisang dikaitkan sebagai simbol kemakmuran. Buah pisang yang dipilih biasanya jenis emas.

3. Buah Apel


Apel

Selain pisang, apel selalu ada di dalam wadah sesajen. Terutama, pada upacara keagamaan di Bali dan perayaan Imlek.

Apel sendiri dipercaya dapat memberikan keselamatan dari tahun ke tahun. Jenis apel yang digunakan juga beragam, mulai dari apel fuji, apel hijau, apel merah hingga apel manalagi.

4. Buah Kelapa


buah kelapa

Hampir semua bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan hidup. Mulai dari daun, batang, akar, buah hingga batoknya berguna untuk kelangsungan hidup.

Nah, karena itulah buah ini banyak dipakai untuk sesajen dengan harapan dapat dapat memberikan kehidupan yang makmur.



kopi hitam

Kopi menjadi minuman yang rutin diminum oleh leluhur pada zaman dahulu. Karenanya, kopi juga jadi salah satu minuman yang ikut dipakai untuk sesajen.

Berdasarkan keyakinan masyarakat, kopi tersebut dihidangkan untuk para arwah leluhur yang pulang untuk mengunjungi keluarganya yang masih hidup. Kopi yang digunakan adalah kopi hitam pekat. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: