Kota Tasikmalaya Kirimkan Tanah dari Area Makam Eyang Jiwaraga untuk Ritual Pembangunan di IKN Nusantara

Kota Tasikmalaya Kirimkan Tanah dari Area Makam Eyang Jiwaraga untuk Ritual Pembangunan di IKN Nusantara

Radartasik.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu gubernur yang hadir memenuhi undangan Presiden Joko Widodo dalam kegiatan ritual 'Kendi Nusantara' penyambutan pembangunan di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (14/03/2022). 

Bersama dengan 33 gubernur dari daerah lain, Ridwan Kamil membawa air dan tanah “keramat” dari daerah masing-masing. Nah, mewakili Jawa Barat, pria yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut membawa air dan tanah 'keramat' yang diambil dari 27 kabupaten/kota di Jabar

Air dan tanah tersebut diambil dari puluhan situs yang tersebar di Jawa Barat. Misalnya, air dari Kota Bandung diambil dari Sumur Bandung yang merupakan sumur bersejarah sebagai simbol tonggak berdirinya Kota Bandung. Lalu, Kabupaten Tasikmalaya, diambil air dan tanah Karomah yeng berasal dari tempat penyebaran agama Islam pada zaman Syekh Eyang Jalari yaitu Syekh Abdul Qodir Jaelani. Kemudian dari Kota Tasikmalaya, diambil air dan tanah dari area Makam Eyang Jiwaraga,di Kelurahan Sukaasih Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, yang merupakan ulama penyebar Agama Islam. 

Budayawan Sunda Aat Soeratin mengatakan, Jawa Barat membawa oleh-oleh yang sangat filosofis, yaitu tanah dan air yang diambil dari berbagai daerah yang kemudian dipersatukan dengan tanah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

“Mudah-mudahan ibu kota baru itu menjadi ibu kota harapan, mudah-mudahan menjadi Indonesia yang jauh lebih baik,” kata Aat melalui keterangan resminya, Senin (14/03/2022). 

Berikut daftar air dan tanah di Jawa Barat yang dibawah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke IKN: 
1. Kabupaten Majalengka: Patilasan Nyi Ratu Rambut Kasih (Memiliki kekuatan dan ilmu supranatural yang tinggi)
2. Kabupaten Sumedang: Tanah Situs Dayeuhluhur (Tanah Prabu Gesan Ulun Kab. Sumedang Mata Air Keramat Ciasihan Cikajayaan Cikaweudukan) 
3. Kabupaten Pangandaran: Legenda Gua Panggung (Tanah dan Air Mbah Jaga Lautan Anak dari Nyi Roro Kidul) 
4. Kota Bogor: Kampung Karamat Kota Bogor (Tanah dan Air untuk kejayaan dan kesuburan) 
5. Kabupaten Sukabumi: Goa Kutamaneuh (simbol kejayaan Prabu Siliwangi yang luput dari kejaran anaknya Raden Kiansantang 
6. Kota Sukabumi: Makom Eyang Dalam Suryadiningrat Aria Nudatar Sagara Herang (Eyang Cikundul) (Simbol kejayaan Dalem Suryadiningrang Aria Nudatar Sagara Herang) 
7. Kabupaten Bogor: Cai Kahuripan Jalatunda Tamansari Kawasan Cibalay (berkhasiat untuk membantu pengobatan segala jenis penyakit yang dipercaya oleh masyarakat) 
8. Kota Depok: Patilasan Sunan Kalijaga (tempat bersilaturahmi Prabu Siliwangi, Syeh Yusuf, Tirta Yasa, Bandung Bondowosao, berkhasiat untuk berobat menyembuhkan segala penyakit) 
9. Kota Bekasi: Situs Sumur Cibinong (tempat patilasan Nyi Ratu Siliwangi Mbah Raden Siliwangi
10. Kabupaten Ciamis: Situs Kabuyutan Karangkamulyan (sebagai tempat untuk mengasah kekuatan para prajurit yang akan berperang) 1
1. Kabupaten Garut: Situs Nangka Beurit (tempat penyebaran agama Islam) 12. Kabupaten Bandung: Makam Cikaramat Cijambe (dipercaya sebagai tempat untuk berdo'a kepada Allah SWT untuk mencapai keinginan) 
13. Kota Bandung: Sumur Bandung (sumur bersejarah sebagai simbol tonggak berdirinya Kota Bandung) 
14. Kabupaten Bekasi: Sumur Tujuh (tempat penyebaran agama Islam) 
15. Kota Banjar: Air Kahuripan dan Tanah Keramat Pulomajeti (dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit) 
16. Kabupaten Tasikmalaya: Air dan Tanah Karomah (tempat penyebaran agama islam pada zaman Syekh Eyang Jalari yaitu Syekh Abdul Qodir Jaelani) 
17. Kota Tasikmalaya: Makam Eyang Jiwaraga (kejayaan Eyang Jiwaraga dipercaya simbol kekuatan)
18. Kabupaten Cianjur: Patilasan Tempa Siram Dalem Cikundul (tempat penyebaran Agama Islam) 
19. Kabupaten Bandung Barat: Air dan Tanah Keramat Embah Dalem Jagat Sakti (dipercaya masyarakat sebagai tempat untuk mencari kehidupan yang baik dan mengobati orang yang terkena penyakit) 
20. Kabupaten Purwakarta: Syekh Yusuf alias Kh. Rd Yusuf alias Baing Yusuf Ulama Besar Purwakarta asal Bogor (dipercaya sebagai tempat pengobatan segala penyakit) 
21. Kabupaten Subang: Situs Nangka Beurit (tempat penyebaran agama Islam) 
22. Kabupaten Karawang: Masjid Agung Syekh Quro Karawang (tempat penyebaran Agama Islam) 
23. Kota Cimahi: Mata Air Cimahi (sebagai tempat untuk mensucikan diri penghapusan kesalahan-kesalahan) 
24. Kabupaten Cirebon: Sunan Gunung Jati (tempat penyebaran Agama Islam) 25. Kota Cirebon: Pangeran Surya Negara (tempat penyebaran Agama Islam)
26. Kabupaten Kuningan: Pasarean Pangeran Arya Adipati Ewangga (tempat penyebaran Agama Islam) 27. Kabupaten Indramayu: Raden Bagus Arya Wiralodra (tempat penyebaran Agama Islam). (mcr27/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: