7 Tanda Peringatan Kanker Tersembunyi Yang Perlu Diketahui

7 Tanda Peringatan Kanker Tersembunyi Yang Perlu Diketahui

Radartasik.com, Ketika diberitahu mengidap kanker akan selalu menghancurkan, tetapi yang lebih menngerikan adalah diberitahu bahwa kanker itu ditemukan terlambat.

Kanker pankreas dikenal sebagai pembunuh diam-diam dan paling mematikan, hal ini terjadi pada kanker yang tidak muncul dalam banyak gejala sampai mereka mempengaruhi organ atau bagian tubuh lainnya.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan yang terjadi sehingga bisa bertindak secepat mungkin.

Kanker pankreas dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena sulit didiagnosis sejak dini, penyakit ini tidak menimbulkan tanda atau gejala apa pun pada tahap awal.

Menurut  Kanker Pankreas Inggris,  gejala umum termasuk sakit perut dan punggung, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan gangguan pencernaan.

Ini paling sering terjadi pada orang tua,  hampir setengah dari kasus baru terjadi pada orang berusia 75 tahun atau lebih, tetapi ini tidak berarti orang yang lebih muda tidak dapat terkena.

Seperti halnya semua kanker, ada hal-hal tertentu yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Menurut Cancer Research UK, rokok, cerutu, pipa dan tembakau kunyah semuanya meningkatkan risiko kanker pankreas. Mereka menemukan bahwa hampir 1 dari 3 kasus kanker pankreas (sekitar 30 persen) mungkin terkait dengan kebiasaan merokok.

Minum alkohol juga meningkatkan faktor risiko, seperti kelebihan berat badan dan diabetes. Kanker pankreas juga terkadang dapat diturunkan dalam keluarga.

Ada tujuh hal yang harus diwaspadai, bila merasakanya berarti perlu memeriksakan diri ke dokter secepat mungkin.

Dikutip dari The Sun, berikut tujuh hal yang harus diwaspadai:

1. Jika punggung atau perut Anda mulai sakit dan tidak kunjung reda, itu mungkin disebabkan oleh tumor. Tergantung pada lokasinya, itu bisa mendorong saraf atau organ di dekat pankreas.

2. Merasa kembung banyak kembung juga bisa menjadi tanda kanker, karena bisa dipicu masalah pencernaan. Ini akan menyebabkan gas dan mengakibatkan perut kembung, dalam beberapa kasus akan terjadi penumpukan cairan di perut.

3. Masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan dan mual juga umum terjadi pada orang dengan kanker pankreas.

4. Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas juga merupakan tanda bahwa sistem pencernaan terkena dampak kanker. Ini bisa berarti tubuh membakar lebih banyak kalori dari biasanya dan memecah otot yang disebabkan oleh pencernaan yang tidak lengkap.

5. Jika Anda melihat mata atau kulit Anda terlihat kuning , ini adalah tanda kanker pankreas. Ini disebut penyakit kuning dan disebabkan oleh penumpukan bilirubin empedu.Hal Ini terjadi ketika tumor menghalangi empedu yang akan membentuk kantong empedu ke usus kecil.

Seseorang dengan penyakit kuning mungkin juga memiliki kulit gatal, urin berwarna gelap, dan tinja berwarna lebih terang.

6. Pada topik tinja , jika kotoran Anda banyak berubah, itu bisa menjadi tanda peringatan. Pasien kanker pankreas sering memiliki masalah kamar mandi, menderita diare atau sembelit.

7. Terakhir jika Anda baru saja didiagnosis menderita diabetes , atau tiba-tiba menemukan bahwa diabetes Anda yang biasanya terkontrol dengan baik menjadi berkurang, ini adalah sesuatu yang harus diwaspadai.

Penelitian telah menunjukkan timbulnya diabetes tipe 2 pada orang yang lebih tua dari 50 bisa menjadi tanda awal kanker pankreas.

Ini sangat mungkin terjadi pada orang dengan indeks massa tubuh rendah, yang kehilangan berat badan dan yang tidak memiliki riwayat keluarga diabetes. (sal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: