Kompak Tingkatkan Mutu Madrasah, MAN 5 Tasikmalaya Silaturahmi dengan Kepala MTs

Kompak Tingkatkan Mutu Madrasah, MAN 5 Tasikmalaya Silaturahmi dengan Kepala MTs

radartasik.com, RADAR TASIK - Mempererat ikatan antara lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, MAN 5 Tasikmalaya melaksanakan silaturahmi dengan seluruh kepala-kepala MTs di lingkungan MAN 5 Tasikmalaya, Rabu (23/2/2022). Silaturahmi ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya.


Kepala MAN 5 Tasikmalaya Nandang Iskandar SPd MM menyatakan bahwa untuk mewujudkan madrasah yang hebat bermartabat, semua lembaga di bawah naungan Kementerian Agama harus saling terkoordinasi dengan baik sehingga masing-masing pihak merasa saling memiliki dan memiliki ikatan emosional kuat.

Kegiatan silaturahmi ini juga diisi dengan sharing antar kepala-kepala MTs di wilayah MAN 5 Tasikmalaya. Sharing ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang proses pendidikan di wilayah kecamatan Parungponteng dan Sodong Hilir.

Penyamaan persepsi ini penting agar proses pendidikan yang dilaksanakan di seluruh madrasah di wilayah Kecamatan Parungponteng dan Sodong Hilir memiliki konsep yang sama sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri, sehingga proses pendidikan yang berdasarkan pada ketertarikan dan kebutuhan masyarakat dapat terbangun dengan baik di setiap lembaga.

Kegiatan sharing ini menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya seluruh madrasah, baik negeri ataupun swasta harus terkoordinasi dengan baik sehingga terjalin kebersamaan antar lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama.

Seluruh madrasah harus saling peduli satu sama lain. Hal ini diharapkan memunculkan ikatan emosional yang kuat sehingga masing-masing lembaga merasa bahwa dirinya adalah bagian dari lembaga yang lainnya.

Selain itu, tolak ukur dari keterikatan antar lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama diantaranya dapat dilihat dari adanya saling mendukung dalam setiap proses pendidikan, seperti saling membantu dalam proses pelaksanaan ANBK, AKG dan lain sebagainya.

Kesepakatan ini menjadi sangat penting, mengingat dengan adanya kesepakatan ini akan menghilangkan jarak antara satu lembaga dengan lembaga yang lainnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs H Usep Saefudin Mukhtar MPd dalam kesempatan itu menegaskan bahwa Kementerian Agama tidak membedakan antara madrasah negeri dan madrasah swasta, madrasah negeri tidak otomatis akan menjadi lebih baik dari madrasah swasta, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, madrasah swasta tidak boleh minder dengan madrasah negeri.

Lebih lanjut, Kepala Kantor menyatakan bahwa berkaitan dengan tidak adanya perbedaan itu, maka seluruh lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, baik itu swasta ataupun negeri harus dapat berkerja sama dengan baik agar terbangun ikatan emosional yang kuat. Bila hal itu telah terbangun, maka slogan “Madrasah Lebih baik, Lebih Baik Madrasah” tidak hanya sekadar slogan, tetapi benar-benar terwujud dalam setiap madrasah. (rls)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: