Tasikmalaya Selatan Disiapkan Menjadi Kawasan Wisata Agro, Berada di Tiga Kecamatan

Tasikmalaya Selatan Disiapkan Menjadi Kawasan Wisata Agro, Berada di Tiga Kecamatan

Radartasik.com, TASIKPemerintah Kabupaten Tasikmalaya saat tengah mempersiapkan tempat wisata agro untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan (Tasela). 


Menindaklanjuti hal itu, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya saat ini tengah melaksanakan peyertifikatan 50,3 kilometer bentang pantai di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Cipatujah, Karangnunggal dan Cikalong


"Dalam 50, 3 kilometer itu, ada empat kegiatan seperti wisata," ujar Wakil Bupati Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin kepada radartasik.com, Sabtu (19/2/2022).


Adapun untuk tempat wisata di Tasela, akan difokuskan di beberapa titik seperti, Pantai Cipatujah, Karangtawulan, dan Batu Panganten. 

Dalam bentangan pantai Tasela itu digunakan juga sebagai tempat konservasi pendidikan, yaitu tempat penangkaran penyu. 

"Bahkan dua titik untuk tempat pelelangan ikan (TPI) dan itu merupakan kewenangan Provinsi Jawa Barat, termasuk banyak agro yang digunakan sebagai budidaya udang," kata H Cecep Nurul Yakin.


Diharapkan pembangunan kawasan Tasela sebagai wisata agro dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, khususnya wilayah di wilayah pantai. 

"Bahkan kami juga akan membuat industrial park untuk pengolahan agro. Itu sudah tertuang pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Red) kita," ujarnya.

H Cecep Nurul Yakin berharap, dengan adanya wisata agro tersebut bisa meningkatkan ekonomi dan banyak menyerap lapangan pekerjaan. 

"Dengan begitu anak-anak lulusan SMK tidak lagi mencari (pekerjaan di kawasan industri) Rancaekek. Cukup bekerja di daerah Kabupaten Tasikmalaya," kata H Cecep Nurul Yakin menjelaskan. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: